10 Tahun Wikipedia

0
30

.Wikipedia, sang ensiklopedia online yang bisa diedit oleh siapa saja dari seluruh penjuru dunia, akan segera merayakan ulang tahun ke-10nya.

Tanggal 15 Januari 2011 akan menjadi sebuah hari yang sangat meriah bagi Wikipedia karena mereka akan mewarnai hari ulang tahunnya dengan lebih dari 300 event di seluruh dunia. Kegiatan bersama yang digalang oleh para volunteer, independent supporter, dan pengurus Wikipedia dari masing-masing wilayah ini akan menyajikan berbagai kegiatan, dari mulai pertunjukan musik, konferensi, hingga film screening. Untuk event di Jakarta, rencananya ulang tahun Wikipedia akan dirayakan di gerai Starbucks fX Lifestyle X’nter.

Fenomena Wikipedia sebagai sebuah ensiklopedia dunia dimulai ketika sekitar sepuluh tahun yang lalu Jimmy Wales memulai proyek esiklopedia onlinenya dengan menulis “Hello World” dan mempublikasikannya. Sejak hari itu Wikipedia telah memiliki sekitar 17 juta artikel yang dipublikasikan dalam 270 bahasa, dan telah menjadi bahan rujukan bagi 400 juta orang setiap bulannya. Baru-baru ini Wikipedia berhasil mengumpulkan sumbangan sebesar 16 Juta US Dollar sebagai salah satu usaha mereka agar Wikipedia bisa tetap menjadi sebuah situs yang dapat diakses secara gratis oleh semua penduduk dunia.

Salah satu hal yang ingin dicapai oleh Wikipedia adalah ketika tahun 2015 nanti situs ini dibaca oleh 1 Milyar orang di seluruh dunia. Berpromosi di India adalah salah satu caranya. Sebagai sebuah negara dengan jumlah penduduk yang luar biasa, India agak tertinggal dari kawasan lainnya. Dengan mendorong para wanita dan remaja untuk lebih mengenal Wikipedia, maka diharapkan obsesi 2015 ini bisa tercapai. “Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih ‘edit’ dan Anda telah berpartisipasi dalam mencerdaskan dunia”, rayu Jimmy Wales.

(Berbagai sumber)

SHARE