Janda Berusia 10 Tahun

0
38

.Nujood Ali bisa dikatakan sebagai salah satu janda termuda di dunia. Dua tahun lalu, perempuan berusia 10 tahun ini dipaksa menikah oleh orangtuanya. Pernikahan seorang gadis belia dengan pria yang jauh lebih tua sudah biasa dilakukan di Yaman dan daerah Timur Tengah lainnya.

Meski sempat disiksa, Nujood tetap melawan dan menolak untuk tidur bersama suaminya. Selain itu, dia juga masih ingin bersekolah. Didampingi seorang pengacara Hak Asasi Manusia, Shada Nasser, Nujood Ali maju ke pengadilan dan berhasil mendapatkan keinginannya, bercerai! Setelah bercerai, anak perempuan ini meneruskan sekolahnya.

Kisah pernikahan di bawah umur ini cukup memprihatinkan. Selain Nujood, masih banyak anak perempuan lain yang harus rela meninggalkan masa kanak-kanaknya, karena dipaksa menikah oleh lingkungan sosial mereka. Salah satu di antaranya adalah Reem al-Numeri.

Perempuan berusia 14 tahun tersebut terpaksa menikah atas perintah kedua orangtuanya, saat masih berusia 11 tahun, dengan sepupunya sendiri yang kala itu berusia 22 tahun. Setelah bercerai, hidupnya tidak kunjung membaik. Mantan suami dan orangtuanya tidak mendukungnya sama sekali saat ia dikucilkan oleh masyarakat.

Kisah lebih memilukan adalah kehidupan seorang anak perempuan Yaman lainnya yang berusia 12 tahun. Hidup anak ini berakhir mengenaskan setelah meninggal akibat pendarahan yang tak kunjung berhenti akibat mengalami ‘malam pertama’.

Kejadian-kejadian seperti ini sangat disesalkan, karena menurut UNICEF, seseorang hanya boleh menikah ketika umurnya telah menginjak 18 tahun atau lebih tua. Para ulama pun mendukung hal ini. Mereka menegaskan, bahwa pernikahan dini seperti itu tidaklah agamis. Selain itu, secara biologis, tubuh seorang anak yang masih di bawah 18 tahun belumlah sempurna, sehingga belum siap menghadapi proses reproduksi.

Kalau mau menikah, cek dulu umur Anda di Kartu Tanda Penduduk. Jangan mark-up umur dan buat KTP palsu, ya!

(Berbagai sumber)

SHARE