Kejahatan Para Raksasa Musik Dunia

0
48

.Empat raksasa musik dunia, yaitu Sony, Warner Music, EMI, dan Vivendi SA (salah satu label milik Universal Music Group) baru-baru ini mendapatkan sebuah tuntutan hukum karena dianggap telah melakukan pelanggaran karya atas ribuan artis mereka.

Kasus antitrust ini muncul sebagai reaksi atas terbongkarnya sebuah perjanjian diantara keempat label tersebut dimana satu sama lain sepakat untuk tidak akan menjual sebuah lagu dengan harga kurang dari 70 sen, meskipun beberapa pesaing mereka menjual musik di internet dengan harga yang jauh lebih rendah.

Meskipun pada akhirnya perusahaan setuju untuk membayar secara kolektif denda sebesar 45 juta US Dollar untuk menyelesaikan klaim pelanggaran hak cipta ini, namun mereka menolak untuk mengakui keterlibatan mereka dan menyatakan bahwa pembayaran tersebut bukanlah sebuah bentuk pengakuan atas kesalahan.

Berbagai bentuk pelanggaran yang terjadi dalam industri musik telah menimbulkan berbagai masalah serius di seluruh dunia, termasuk kerugian yang dialami oleh para pemilik properti intelektual atas hilangnya pendapatan yang seharusnya mereka peroleh. Dalam konteks mikroskopis, kerugian ini dialami oleh para pekerja seni. Dalam konteks yang lebih luas, berbagai pelanggaran telah menyebabkan hilangnya porsi pendapatan suatu negara yang lumayan berpengaruh terhadap perekonomian secara keseluruhan.

Situasi menjadi semakin buruk ketika label besar seperti Sony dan Warner Music ikut ambil bagian dalam kegiatan kotor ini. Meskipun hukuman sebesar 45 juta US Dollar telah meningkatkan harapan seniman di seluruh dunia, namun masih banyak hal yang harus dilakukan, salah satunya dengan mengusahakan tercapainya sebuah standar hukum yang bersifat permanen, agar petaka yang lebih buruk tidak menimpa industri musik dunia. Membayar sebuah lagu seharga 70 sen memang terdengar seperti sebuah perampokan. Namun tentu Anda cukup bijaksana untuk tidak merampok balik dan melakukan pembajakan karena hal ini seperti sebuah pembunuhan bagi industri dan kreatifitas bermusik.

(Berbagai sumber)

SHARE