Penjualan Video Game Turun Selama 2010

0
30

.Meskipun tahun 2010 banyak penjualan gadget video game seperti Microsoft Kinect dan PlayStation Move, namun penjualan video game secara keseluruhan mengalami penurunan sekitar 6%. Angka tepatnya ‘hanya’ $18,6 milyar. Angka ini kurang tercapai karena gamer sudah banyak menghabiskan dana diawal tahun 2010.
 
Diperkirakan awal tahun akan mengalami peningkatan karena semakin banyaknya orang yang bermain game di Internet seperti Facebook dan ponselnya.

Seorang analis NPD Anita Frazier mengungkapkan, berkat pembelian content game angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2009. Diharapkan tahun 2011 adalah tahun pertumbuhan di industri game karena permintaan konsumen terus berkembang.

Salah satu perusahaan yang ikut andil dalam penjualan terlaris adalah Microsoft yang meluncurkan Xbox di bulan Desember yang terjual sebanyak 1,9 juta unit konsol. Ditambah pula dengan perangkat Kinect, game Fable dan Halo yang juga laris dipasaran.

Sayangnya penjualan Microsoft masih kalah banyak dengan Nintendo Wii yang laku keras di musim liburan. Sementara berdasarkan data NPD Sony PlayStation berada di posisi ketiga.

Hari Kamis lalu (13/11), Microsoft menjelaskan bahwa stok Xbox dan Kinect ‘terpaksa’ dihabiskan karena banyaknya permintaan saat peluncuran lalu, yang semestinya stok tersebut untuk bulan Januari dan Februari.

Berdasarkan informasi dari Microsoft, penjualan Kinect selama bulan Nopember dan Desember berhasil mencapai 8 juta unit melampaui target awal 5 juta unit.

(Berbagai sumber)

SHARE