Yordania Hempaskan Arab Saudi dan Jepang Taklukan Suriah

0
15

.Piala Asia 2011 pertandingan kedua grup B, di stadion Ahmed bin Ali, jam 16:15 waktu Qatar, antara Yordania melawan Arab Saudi berakhir dengan kemenangan Yordania satu nol.

Gol terjadi di menit 42 melalui tendangan pemain tengah Baha’a Abdul Rahman yang sepertinya bermaksud untuk memberikan umpan dari kiri ke dalam kotak. Namun ternyata bola sekaligus mengarah ke dalam gawang Waleed Abdulah yang berada sedikit jauh dari gawangnya sehingga bola melayang di atasnya tanpa sanggup dihalau dan menjadikan gol kemenangan bagi Yordania.

Kemenangan ini memperbesar peluang Yordania untuk masuk ke babak quarter-final dan Arab Saudi terpaksa harus tersingkir.

Pertandingan kedua di grup B antara Suriah dan Jepang yang berlangsung di stadion Qatar SC, jam 19:15 waktu Qatar, menghasilkan kemenangan bagi Jepang dengan skor akhir 2-1.

Jepang mendapatkan peluang pertama di menit keenam ketika umpan silang Atsuto Uchida dari sayap kanan mendapati Ryoichi Maeda yang ada di dalam kotak, tapi sundulannya mengarah ke luar gawang.

Menjelang 10 menit akhir babak pertama, Honda menggiring bola ke dalam kotak pertahanan lawan sehingga menarik kiper Mosab Balhous ke luar, namun Honda mengoper bola ke arah Shinji Kagawa yang berhasil lolos dari hadangan pemain bertahan dan melepaskan tendangan. Balhous berhasil menepis tendangan tersebut namun bola masih berada dalam area bahaya dan diambil Daisuke Matsui yang kemudian memberikan umpan dan ruang tembak bagi Hasebe sehingga menghasilkan gol untuk Jepang.

Babak kedua terjadi insiden, akibat dikeluarkannya kartu merah untuk Kawashima yang menghalau bola sekaligus menjatuhkan Sanharib Maliki di dalam kotak sehingga berhadiah penalti untuk Suriah. Pemain Jepang melakukan protes karena posisi Sanharib sudah offside namun wasit berpendapat lain, bola yang mengarah ke Sanharib merupakan tendangan dari pemain belakang Jepang. Al Khatib berhasil membuat gol penyeimbang di menit 76, setelah tendangannya mampu melewati kiper pengganti Shusaku Nishikawa.

Walaupun bermain dengan 10 pemain semangat pasukan samurai tetap tinggi. Hadiah penalti di menit 82, kali ini bagi Jepang, setelah pemain pengganti Shinji Okazaki terjatuh dihadang dua pemain Suriah dan Honda berhasil memberikan gol kedua untuk Jepang.

Suriah mendominasi pertadingan di menit-menit akhir untuk menyamakan kedudukan tetapi Sabag malah mendapatkan kartu kuning kedua karena pelanggaran yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Jepang mampu mempertahankan kedudukan 2-1 dan membawa tim samurai ini menduduki puncak klasemen sementara grup B.

(Berbagai sumber)

SHARE