Agen Penny 'Memburu' Siswa Sekolah Dasar!

0
33

.Tentu saja anak bersikap boros. Ia sangat mudah meminta dan menghambur-hamburkan uang, karena ia tidak pernah tahu susahnya mencari uang. Benarkah ini pemikiran Anda? Apa menurut Anda, seorang anak baru akan mengerti caranya menabung dan menggunakan uang dengan bijak, setelah ia memperoleh uang tersebut dengan hasil jerih payahnya sendiri? Bila menunggu selama itu, bisa jadi buah hati telah banyak terlilit hutang.

Menyadari pentingnya mengajarkan pengelolaan uang kepada anak-anak di usia dini, Citi Indonesia yang bekerjasama dengan Yayasan Mitra Mandiri, dan Teater Koma mendatangi sekolah-sekolah. Mereka datang untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, ajakan, dan ‘pendidikan’ pada para siswa untuk dapat terampil mengelola uang. Untuk dapat merebut hati dan perhatian anak-anak, ‘pengetahuan’ disajikan dalam bentuk yang menarik, yakni komik dan pertunjukan musikal (teater) Petualangan Agen Penny. “Pertunjukan musik dan komik Petualangan Agen Penny bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mengelola keuangan secara mendasar bagi anak-anak,? kata Shariq Mukhtar, Citi Country Officer untuk Indonesia. ?Kami berharap, anak-anak dapat paham bagaimana mengelola keuangan mereka dengan bijaksana di usia dini,” jelasnya lebih lanjut.

Jumat, 14 Januari 2011 lalu, Teater Koma dan Citi Indonesia beramai-ramai ‘mengepung’ Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pela Mampang 02 Petang, Jakarta Selatan. Ke-80 murid di sana sangat beruntung dapat bertambah pengetahuan dan dihibur oleh Petualangan Agen Penny, yang memang dibuat sebagai bagian dari program pendidikan keuangan untuk murid kelas 5-6 Sekolah Dasar.

Program Agen Penny sendiri merupakan perwujudan terhadap dukungan akan kampanye pendidikan keuangan “Ayo ke Bank” dari Bank Indonesia. Citi berkomitmen untuk membangun masyarakat terdidik dan mengembangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui program pembelajaran untuk generasi mendatang. Cerita komik, buku panduan guru, dan pertunjukan musikal ?Petualangan Agen Penny? dirancang sedemikian rupa agar anak-anak dapat lebih mudah memahami pesan pengelolaan keuangan dengan lebih baik. Mengatur uang dengan baik dapat menghindarkan anak terkena sakit perut akibat jajan sembarangan. Si kecil tidak akan menjadi konsumtif, tidak terbiasa berhutang, dan dapat dengan mudah menyisihkan uang untuk digunakan kala masa-masa terdesak dan di masa depan.

Selain mengunjungi SDN Pela Mampang 02 Petang, sejak tahun 2007, Agen Penny telah mendatangi 16 ribu siswa dan 900 guru di seluruh Jakarta. Sebanyak 201 sekolah dasar telah mendaftarkan diri pada program ini. Sedang memasuki peridode 2010-2011, pahlawan keuangan idola anak-anak ini rencananya akan mengunjungi 65  sekolah dasar lainnya. Selain di Indonesia, Petualangan Agen Penny juga telah dipertunjukkan di negara-negara lain, seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Amerika, dan Eropa. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Agen Penny, silakan kunjungi situs www.agenpenny-id.com.

(Ghiboo)

SHARE