Asus Xtion, Kinect Versi PC Dirilis

0
61

.Video game memang asyik untuk menghilangkan kepenatan dan menghibur diri. Tahun ke tahun, arah video game mulai mengarah ke realitas maya. Mulai dari Nintendo Wii, PlayStation Move hingga Microsoft Kinect. Sayangnya ketiga konsol tersebut tidak bisa dimainkan untuk PC.

Ini artinya hanya pemilik konsol seperti Wii, Kinect dan Move yang bisa memainkan game macam ini. Pemilik PC tentu kecewa. Namun kabar baik datang bagi yang mereka, ternyata sebuah perusahaan asal Israel sedang mengembangkan konsol mirip Kinect yang dapat digunakan untuk PC tanpa harus memiliki konsol Xbox 360.

Kinect versi PC ini dijual oleh sang pembuat chip sensor gerak Kinect sendiri. PrimeSense, perusahaan yang menciptakan chip untuk Kinect juga membuat chip untuk PC demi menjangkau pengguna lain.

Microsoft meluncurkan Kinect untuk disandingkan dengan Xbox 360 pada bulan Nopember 2010 lalu dan mengklaim telah menjual sebanyak delapan juta unit hingga menjelang Natal.

Perangkat tersebut tidak memerlukan controller untuk memainkan game, hanya gerak tubuh Anda yang dibaca melalui sensor gerak. Produk bayangan Kinect untuk PC ini dinamakan PrimeSensor. Metode yang digunakan untuk membaca obyek sama, yaitu dengan infra merah dan kamera CMOS yang terletak pada perangkatnya.

Salah satu pendiri PrimeSense Tamir Berliner mengatakan bahwa perusahaan sedang mengusahakan PrimeSensor supaya bisa digunakan untuk perangkat lainnya. “Nantinya akan open source, jadi Anda bisa digunakan di perangkat apapun”, katanya.

Dia juga mengatakan bahwa para insinyur sedang mengembangkan aplikasi dan game untuk PrimeSensor dan diunggah ke app store tertunjuk. Tambahnya lagi, “Ketika kami mendirikan perusahaan ini, kami mempunyai tujuan merubah dunia game komputer dengan sensor gerak tapi kami tidak punya Wii untuk pembuktiannya. Sekarang kita lihat bahwa ini merupakan permulaan saja.”

Asus sebagai pabrikan komputer telah mengantongi izin produksi dan menggandeng PrimeSensor bersama dua perangkat yang mampu streaming data dari PC ke TV secara nirkabel. Dengan begini, pemiliknya dapat mengakses media di PC menggunakan gerak tubuh.

(Berbagai sumber)

SHARE