Ice Ice Baby

0
52

.Dari tahun ke tahun, kita selalu dibuat takjub dengan sebuah tempat bernama Icehotel. Tempat penginapan mewah yang berlokasi di Swedia dan hanya buka di saat suhu mencapai titik terendahnya ini secara keseluruhan -baik bangunan maupun perabotannya- terbuat dari balok-balok es batu. Menakjubkan memang, namun seni memahat es ternyata bukanlah sekedar temuan satu atau dua tahun belakangan. Menurut para ahli sejarah, seni pahat es konon berasal dari budaya bangsa Cina dan Rusia, dan telah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu.

Sampai hari inipun seni mendandani balok es ini masih sanggup menciptakan rasa takjub dan penasaran bagi para penduduk dunia. Maka jangan heran kalau kini makin banyak pameran es di sana-sini, bahkan di kawasan gurun sekalipun. Dari ujung utara hingga selatan, Ghiboo merangkum beberapa lokasi dengan koleksi seni pahat es paling keren untuk Anda. Inilah mereka:

1. Harbin International Ice and Snow Festival
Festival musim dingin di Harbin telah dilaksanakan sejak tahun 1985 dan telah melibatkan ratusan seniman dari berbagai pelosok dunia. Balok es yang tercipta dari bekunya Sungai Songhua merupakan motor penggerak utama acara pameran es dan salju ini. Dari balok-balok es itu, para seniman tak hanya menghasilkan patung-patung yang indah, namun juga berbagai bangunan -bahkan istana Jepang dan pagoda- yang luar biasa megah. Untuk memeriahkan acara, sebuah pesta kembang api telah disiapkan untuk menghiasi malam dingin Anda.

2. Bruges Ice Sculpture Festival
Salah satu kota di Belgia ini memiliki cara yang unik untuk menarik perhatian para wisatawan, yaitu dengan mendatangkan 330 ton balok es, plus seniman pemahatnya. Festival pahat es tahunan yang bertema Around the world in snow and ice tersebut mampu membawa pengunjung menuju sebuah dunia fantasi yang bening dan dingin, dalam bentuk berbagai destinasi dan objek wisata paling terkenal di dunia.

3. Paris Ice Magic
Nama besar Paris sebagai kota seni dan budaya menjadi jaminan bagi Anda untuk melihat keindahan dan kekayaan acara yang tiap tahun diadakan di Place de la Concorde, dekat Champs Elys?es ini. Paris Ice Magic adalah tempat yang paling sempurna bagi Anda untuk menikmati berbagai keajaiban yang dihasilkan oleh para seniman dari Kanada, Finlandia, Lithuania, Austria, dan Perancis. Sebanyak 40 buah karya yang tercipta dari 450 ton balok es disimpan di suhu -6?C, khusus untuk Anda.

4. Museum of Ice in Moscow
Di Rusia, Anda tidak perlu menanti musim berganti hingga salju turun dan mendinginkan dunia untuk bisa melihat pahatan es paling cantik yang pernah Anda lihat. Berkunjunglah ke Sokolniki Park di Moscow untuk melihat surga es yang buka sepanjang hari, selama setahun penuh. Musium es terbesar di kawasan Eropa ini menjadi tempat hunian bagi dinosaurus, sebuah kamar tidur, kastil lengkap beserta prajurit bersenjatanya, Yusuf dan Maria serta bayi Yesus, sebuah roket, dan masih banyak lagi, dan semuanya terbuat dari balok es. Setidaknya butuh 800 ton balok es dan sekitar 200 ton salju untuk bisa menghadirkan benda-benda spektakuler ini. Dan untungnya Rusia memiliki sebuah daerah bernama Siberia.

5. Sapporo Snow Festival
Terakhir kali diselenggarakan, festival es tahunan di Jepang ini berhasil menarik pengunjung hingga sebanyak 2 Juta orang. Rencananya mereka akan mengulangi kesuksesan itu, dan kalau bisa memecahkan rekornya,  dengan menggelar festival ke-62 yang akan berlangsung dari tanggal 7 hingga 13 Februari nanti. Mereka akan menghiasi kawasan Odori Park, lapangan Community Dome Tsudome, dan sepanjang jalan Susukino dengan berbagai patung salju dan pahatan es untuk menyambut kedatangan Anda di Sapporo Snow Festival.

(Berbagai sumber)

SHARE