Nissan Nismo GT-R RC Siap Manjakan Pecinta Sportcar

0
22

.TOKYO – Nissan boleh dibilang satu pabrikan Jepang yang piawai menghadirkan mobil-mobil berkecepatan tinggi.

Banyaknya penggemar setia mobil kencang dari Nissan membut produsen asal Negeri Sakura itu terus melakukan evolusi terhadap mobil-mobil high performance mereka.

Nah, lewat gelaran Tokyo Auto Show 2011 Nissan memamerkan GT-R Nismo RC (Racing Competition). “Nissan Nismo GT-R RC merupakan entri terakhir dari line-up RC Nissan yang dibangun dari Nissan GT-R versi jalan raya,” tulis siaran pers Nissan seperti dilansir dari Autoevolution (Senin (17/1/2011).

Nama besar Nismo yang telah “setia” sebagai pemasuk asesoris modifikasi produk-produk Nissan tentu membuat GT-R Nismo RC ini hadir lebih istimewa dibanding GT-R lainnya. Tampilan garang GT-R makin dipoles oleh Nismo dengan sejumlah asesoris tambahan dari bahan serat karbon. Seperti low under spoiler dibagian depan dan belakang, side skirt, bagasi belakang, serta rear wing. Cutting sticker RC bertema balap yang kontras dengan keseluruhan body GT-R Nismo seolah-olah ingin menunjukkan jati diri “raja jalanan” ini.

Hal itu mungkin bukan isapan jempol semata mengingat dibalik bonet Nissan telah menyiapkan satu set mesin berkode VR38DETT dengan kapasitas 3.8 liter V6 twin-turbo. Jeroan itu mampu menyemburkan daya maksimum lebih dari 485 hp dengan torsi puncak hingga 588 Nm.

Penggunaan bahan-bahan serat karbon termasuk juga pemilihan akrilik untuk jendela belakang mampu mereduksi bobot dari GT-R Nismo. Nissan mengklaim sportcar dua pintu itu hanya memiliki berat 1.520 kg. Tenaga dahsyat dan body yang ringan juga harus diimbangi dengan kaki-kaki yang mumpuni. Nismo membekali GT-R dengan seperangkat adjustable racing suspension dengan rotor. Kaki-kaki ini menemani ban Advan Slick berukuran 290/710 R20.

Tertarik dengan hasil racikan Nismo pada GT-R RC? Ada kabar gembira dari Nissan. Mereka bukan sekedar mmperkenalkan GT-R Nismo RC untuk ajang balap resmi tapi juga akan memasarkan kepada publik umum di seluruh dunia. Di Jepang sendiri GT-R Nismo RC dibanderol 20,8 Juta Yen atau sekitar Rp2,3 miliar.

(Ghiboo)

SHARE