Jepang Menang Telak dan Suriah Tersingkir

0
62

.Piala Asia 2011, Qatar, pertandingan terakhir grup B, Arab Saudi telan kekalahan telak dan Yordania hempaskan Suriah.

Stadion Ahmed bin Ali menjadi saksi kemenangan besar Jepang atas Arab Saudi 5-0. Membawa Jepang menjadi juara grup B.

Adalah Shinji Okazaki yang membuka gol pertama Jepang di menit ke-8. Di mulai dari Yasuhito Endo yang melihat pergerakan Okazaki di antara dua pemain bertahan lawan dan memberikan umpan lambung kepadanya, dan Okazaki meloob bola tersebut sehingga melewati kiper Waleed Abdullah lalu menendang bola tersebut ke dalam gawang yang kosong. Hanya butuh lima menit bagi Okazaki untuk membuat gol keduanya melalui sundulan keras hasil umpan Shinji Kagawa. Meskipun mengenai tangan Waleed namun bola masuk ke dalam gawang.

Serangan Jepang dari sayap kiri melalui Yuto Nagatomo menit 19 yang melakukan umpan silang ke tengah kotak, disambut oleh Ryoichi Maeda dengan hanya sedikit tendangan tip namun tepat mengarah ke dalam gawang Arab Saudi.

Jepang mengendurkan serangan dan berfokus ke pertahanan untuk menjaga poin mereka. Hal ini memberikan Arab Saudi beberapa peluang diantaranya melalui Osama Al Harbi, Tayseer Al Jassem dan Abdullah Suhail.

Memasuki babak kedua di menit 51, pemain pengganti Masahiko Inoha memberikan umpan silang dari sayap kanan ke dalam pertahanan lawan, dan berhasil dimaksimalkan Maeda melalui sundulan dan bola melewati kiper Waleed.

Hattrick bagi Okazaki, setelah menerima assist dari Maeda dengan sedikit menggocek lawan, Okazaki menendang keras bola dan masuk menembus gawang Arab Saudi. 5-0 skor akhir pertandingan ini.

Stadion Qatar SC, Yordania menghempaskan Suriah 2-1 melalui gol kemenangan Al-Saify.

Meskipun tertinggal di menit 15 oleh gol AL Zeno yang memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Sanharib, Yordania menyamakan kedudukan melalui bantuan pemain Suriah Ali Diab yang bermaksud membuang bola melalui sundulan tapi malah masuk ke dalam gawang sendiri.

Walaupun hanya membutuhkan hasil seri untuk melaju ke perempat final, Yordania memberikan satu gol lagi di menit 59 melalui umpan jauh ke dalam pertahanan lawan dari kiper Amer Shafia yang kemudian dimanfaatkan Odai Al-Saify dengan tendangan ke arah kanan gawang yang memperdayai kiper Suriah. Hasil akhir 2-1 memastikan Yordania melaju ke perempat final untuk menghadapi Uzbekistan.

Untuk jadwal malam ini adalah pertandingan terakhir di grup C, antara Korea Selatan vs India dan Australia vs Bahrain.

(Berbagai sumber)

SHARE