Kembali Seksi Setelah Melahirkan

0
23

.Ingin langsing menjadi idaman setiap perempuan. Terlebih setelah ‘pelebaran’ badan selama sembilan bulan mengandung dan setelah melahirkan, mendapatkan tubuh singset menjadi tujuan ‘mulia’ selanjutnya.

Tidak mudah, karena pertannyaannya adalah, baby or body comes first? Mary Jayne Johnson, Ph.D., anggota dewan kesehatan Amerika mengatakan, bahwa para ibu membutuhkan cukup istirahat dan nutrisi yang sehat. “Ini bukan waktunya untuk melakukan diet ketat, iseng, ataupun konsumsi suplemen diet,” jelasnya lebih lanjut.

Menyusui atau tidak, pada minggu-minggu pertama setelah persalinan, seorang perempuan akan mengalami penurunan berat badan sebesar 5-6 kilogram. Tentu saja, karena berat bayi, plasenta, dan beban cairan ketuban telah meninggalkan tubuh Anda. Jadi Anda tidak perlu terlalu terburu-buru mengembalikan berat badan ke angka ideal.

Standar penurunan berat badan yang sehat adalah 0,5-1 kilogram per minggu dan mungkin akan sedikit lebih banyak jika Anda menyusui. Tidak hanya akan membakar 300-500 lebih banyak kalori per hari, namun juga menstimulasi hormon untuk membantu rahim kembali ke ukuran normalnya.

Akan lebih baik jika Anda sudah memulai program penurunan berat badan pasca melahirkan segera setelah Anda mengetahui bahwa tubuh berbadan dua. Dalam kata lain, berat bisa dikontrol dan diatur dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, olahraga yang teratur dan benar. Jangan jadikan kehamilan sebagai alasan untuk malas berolahraga. Justru pada saat mengandung itulah, tubuh memerlukan lebih banyak makanan dan olahraga yang menyehatkan.

Lama atau tidaknya waktu yang diperlukan untuk pulih setelah melahirkan akan menentukan kapan Anda boleh mulai kembali beraktivitas di pusat kebugaran (gym). Olahraga ringan seperti latihan dasar panggul, menarik-keluar nafas, dan menarik otot perut dalam-dalam bisa dilakukan. Bila dokter telah mengizinkan, maka Anda bisa kembali fitnes seminggu setalah persalinan. Namun lari atau aerobik belum boleh dilakukan. Aktivitas berat seperti itu hanya boleh dilakukan setelah berminggu-minggu masa pemulihan.

Siap kembali seksi, Mama?

(Berbagai sumber)

SHARE