Tanaman Botol

0
50

.Apa yang akan Anda lakukan kalau sedang bosan dengan penataan interior ruangan dan merasa butuh sedikit percikan untuk menyempurnakan?? Dan apa yang Anda lakukan kalau merasa ingin merawat sebuah tanaman, tapi belum sanggup untuk sebuah hubungan penuh komitmen yang melibatkan sebuah lahan, atau halaman??

Kalau Anda bertanya pada Anna Garforth, maka dia akan menyuruh Anda untuk mencoba mengkombinasikan dua masalah tersebut dan memasang pemecahannya di dinding rumah Anda. Tapi, bagaimana caranya??

Pertama-tama, mari kita berkenalan dulu dengan Anna Garforth. Anna adalah seorang seniman yang menghasilkan karya-karyanya dari pemanfaatan benda-benda daur ulang. Beberapa hasilnya telah dipakai untuk keperluan umum, dipajang di musium, dipakai sebagai produk percontohan, dan bahkan menghasilkan ketenaran. Beberapa klien yang tergila-gila dengan hasil karyanya antara lain Liverpool School of Art and Design, London College of Communication, dan Deutsche Bank. Salah satu karyanya yang paling sederhana dan sekaligus paling bermanfaat adalah Head Gardner, yang merupakan sebuah “proyek taman gerilya”. Yang Anna lakukan sangat sederhana, yaitu memanfaatkan botol bekas kemasan susu, memodifikasi dan menghiasinya, menjadikannya sebagai medium bertanam, dan akhirnya menanamnya di setiap sudut kota.

Dengan semangat menghargai lingkungan dan keindahan, bagaimana kalau kita coba melakukannya. Kita awali dengan sebuah proyek kecil, yaitu menghijaukan dan mengindahkan rumah kita. Maka yang harus Anda lakukan adalah:

1. Menyiapkan sebuah kotak atau botol bekas dengan ukuran yang lumayan, dan bersihkan.
2. Kuas dan cat, serta apapun yang bisa digunakan untuk memberikan hiasan tambahan.
3. Berkunjung ke toko tanaman, pilih tanaman yang Anda inginkan dan jangan lupa membeli pupuk serta tanah khusus.  
4. Memotong salah satu sisi botol/kotak dan kemudian menghiasnya. Yang paling mudah adalah membentuknya menjadi kepala dan memanfaatkan bentuk tanaman sebagai rambutnya.
5. Masukkan tanah khusus -atau tanah dari halaman yang sudah Anda campur dengan pupuk- dan kombinasikan dengan tanaman pilihan Anda.
6. Rawat dan pamerkan. Pasang di ruang tamu untuk memotivasi tamu yang datang; pasang di halaman untuk memotifasi para tetangga; hadiahkan pada teman yang sedang merayakan; atau pasang di kantor untuk memercikkan semangat kreatifitas dan ramah lingkungan pada rekan kerja.
7. Rawat dan kembangkan.

(Berbagai sumber)

SHARE