Wedang Jahe Minuman Hangat dan Menyehatkan

0
26

.Cuaca malam yang cukup dingin di bulan ini, ditambah guyuran hujan yang mulai menyerang di pagi dan malam hari, membuat tubuh menggigil. Bahkan jika daya tahan tubuh sedang menurun, flu bisa menerjang dengan cepat.

Bersyukurlah ternyata pendahulu kita juga pernah mengalami hal seperti ini, karenanya mereka membuat berbagai minuman penghangat sekaligus menyehatkan. Salah satunya wedang jahe. Seperti yang telah diketahui banyak orang jahe memang mempunyai banyak manfaat. Berikut ini resep dan tips untuk membuat wedang jahe.

1. Pilih Jahe yang tua atau yang banyak seratnya karena kandungan minyak atsirinya lebih tinggi. Kurang lebih 10 cm
2. Cuci bersih dan jangan dikupas kulitnya, lalu keringkan sebentar
3. Bakarlah jahe di atas api seperti membakar sate, atau di oven juga boleh, sampai kelihatan matang atau kulitnya agak gosong. Setelah itu baru dimemarkan
4. Siapkan 500 ml air
4. Siapkan 2 butir Kapulaga, 4 butir cengkeh, 1 batang serai (memarkan), 1 lembar daun pandan
5. Masukan semua bahan ke dalam panci lalu masak hingga mendidih
6. Jika tidak suka ampasnya, saring dulu sebelum disajikan

Untuk pemanisnya dapat menggunakan madu agar lebih berkhasiat. Perlu diingat untuk memasukan madunya dalam keadaan air yang hangat-hangat kuku supaya nilai manfaat madunya tidak berkurang. Jika tahap ke 4 bahan-bahannya tidak tersedia, maka jahe saja sudah cukup untuk membuat menghangatkan dan meningkatkan stamina tubuh Anda.

Selamat menikmati.

(Berbagai sumber)

SHARE