Google Membuat Doodle Untuk Paul Cezanne

0
51

.Hari ini adalah hari ulang tahun ke-172 Paul Cezanne, seorang artis dan maestro lukisan benda hidup. Dan untuk merayakannya, tim dari The Google Doodle telah membuat sebuah tribute dengan meletakkan kolase lukisan karya Cezanne di halaman muka dan menggantikan logo standar Google selama sehari penuh.

Pada dasarnya Google Doodle adalah bentuk kreatif dari desain grafis logo standar Google yang diganti sesuai dengan kejadian yang sedang happening pada saat tertentu. Modifikasi grafis ini dimulai pertamakali pada tanggal 30 Agustus 1998 dengan tema Burning Man Festival, sebuah event budaya tahunan yang diselenggarakan di Black Rock Desert di sebelah utara Nevada, Amerika. Dan sama seperti Doodle-Doodle sebelumnya, logo hari inipun juga memperlihatkan gambar lukisan karya Paul Cezanne yang dirangkai hingga mampu menyuarakan Google. Huruf ‘G’ kali ini diambil dari sebuah guci dari lukisan yang berjudul “Still Life with a curtain? sedangkan huruf ‘O’ dobel diambil dari bentuk piring dalam lukisan ?Still life with an open drawer” yang keduanya merupakan karya Paul Cezanne.

Dalam dunia seni lukis, sosok Paul Cezanne sendiri telah dikategorikan sebagai seorang visioner dan sekaligus seorang avant-garde sejati. Dia selalu membuat sesuatu yang diluar pakem saat itu dan karya yang dihasilkannya seolah-olah melompati eranya. Sama seperti maestro seni lainnya, Paul Cezanne pun memperoleh popularitasnya justru setelah dia meninggal dunia.

Untuk mengingat sosok dan karyanya, tim dari Google sengaja memasang gambar Doodle dan memberi pencerahan dengan memnyajikan sebuah link yang akan membawa semua generasi muda menuju profil, kehidupan, berita, dan bahkan hasil karya salah satu seniman paling terkenal asal Perancis ini. Jadi, segera buka Google dan temukan Doodle hari ini serta koleksi lukisan Paul Cezanne favorit Anda.

(Berbagai sumber)

SHARE