Pembuatan FIFA Ballon d'Or

0
95

.FIFA Ballon d’Or adalah penghargaan yang diberikan kepada pemain terbaik dunia, pada tahun 2010 yang lalu piala ini diberikan kepada Lionel Messi. Seperti halnya piala dunia yang merupakan piala termahal di dunia, piala ini juga dibuat dengan kualitas terbaik. Berikut FIFA menyampaikan bagaimana proses pembuatan piala FIFA Ballon d’Or.

Dianugerahkan pertama kali oleh harian Perancis France Football di tahun 1956, Piala Ballon d’Or di buat oleh Mellerio dits Meller, perusahaan yang bergerak khusus dalam pembuatan perhiasan yang didirikan pada tahun 1613. Sangat berpengalaman dalam bidang seni selama berabad-abad, keluarga Mellerio telah membuat perhiasan bagi para bangsawan seantero Eropa, juga termasuk peralatan perak untuk keagamaan, pedang upacara, hiasan dekoratif dan piala. Salah satu hasil yang terkenal adalah piala Coupe des Mousquetaires yang digunakan untuk penganugerahan juara perorangan putra pada turnamen tenis Perancis terbuka.

“Belasan jam kerja meliputi pembuatan piala menakjubkan ini…” Kata CEO Mellerio dits Meller saat ini, Francois Mellerio, yang menjelaskan proses pembuatan FIFA Ballon d’Or. Sebuah proses yang melibatkan beberapa seniman seperti: silversmith/goldsmith (pengrajin perak/emas), repousseur (pengrajin logam), chaser (pengrajin logam dengan teknik yang berbeda), pengukir, penyepuh emas dan penggosok. Kesemua seniman tersebut merupakan master dibidangnya, dan sangat bangga dipercaya membuat piala ini.

Piala FIFA Ballon d’Or terdiri dari dua bidang yang dibentuk dari pelat kuningan dengan cara memalunya dari sisi belakang. Kemudian keduanya dilas bersama oleh goldsmith. Selanjutnya giliran Chaser mengisi bola dengan material yang dikenal dengan pitch. Ia menggunakan pahat dan palu untuk mengikuti sketsa pensil yang sebelumnya telah dibuat di permukaan besi yang halus untuk membentuk detail bola. Setelah menyelesaikannya, ia mengosongkan bolanya kembali dan menyerahkannya kepada goldsmith untuk digosok dan diukir dengan logo FIFA Ballon d’Or. Pada tahap akhir, piala akan dicelupkan dalam cairan emas sebelum ditempatkan diatas alas yang terbuat dari pyrite.

Dengan tinggi 31 cm dan lebar 23 cm, piala FIFA Ballon d’Or kemudian siap untuk dipersembahkan kepada pemenang dan nama pemenang akan terukir pada piala tersebut.

(Berbagai sumber)

SHARE