Irak Lolos dan Iran Nilai Sempurna

0
17

.Pertandingan terakhir babak penyisihan grup, ditutup oleh Irak yang berhasil melaju ke babak perempat final dan Iran sebagai satu-satunya tim dengan nilai sempurna.

Bermain di stadion Ahmed bin Ali, Irak berjuang untuk mempertahankan gelarnya melawan tim kuda hitam Korea Utara yang juga mencoba mengulang suksesnya di tahun 80.

Setelah permulaan yang kurang menarik dari kedua tim, Irak mulai mengacam kiper Ri Myong-guk dan hampir memimpin di menit 17 ketika Mustafa Kareem bertemu dengan sepak pojok Mahdi Kareem yang menghasilkan sundulan keras, namun bola memantul ke atas setelah terkena tiang sebelum berhasil diamankan.

Tekanan Irak baru berbuah gol di menit 22, ketika tendangan Mustafa Kareem dari luar kotak penalti ditepis Ri. Namun Karrar Jassim yang pertama kali mendapatkan bola liar tersebut dan men-sliding bola ke dalam gawang yang kosong. 1-0 untuk Irak.

Korea Utara bermain lebih baik di babak kedua dan Ryang Yong-gi melepaskan tendangan yang kuat di delapan menit awal, tetapi Gassid membuktikan keampuhan sebagai penjaga gawang. Korea terus menekan, Jong mendapatkan kesempatan baik untuk mencetak gol dari dalam kotak namun Gassid berada di posisi yang tepat untuk menyelamatkan gawangnya.

Delapan menit sebelum peluit akhir berbunyi tendangan Hong Yong-jo dari luar kotak penalti memantul keluar, sementara Irak mempertahankan kemenangan tipisnya hingga akhir pertandingan.

Pertandingan lainnya di grup D, juara tiga kali piala Asia, Iran, yang sebelumnya telah memastikan lolos ke babak delapan besar ingin menyempurnakan kemenangannya, sementara lawannya Uni Emirat Arab membutuhkan tiga poin untuk menjaga peluang.

Iran mengubah susunan pemain inti. karenanya tidak mengejutkan bila Uni Emirat Arab lebih mendominasi. Bermula dari Subai Khater yang mencoba keberuntungannya melalui tendangan jarak jauh, namun bola mengarah tepat ke kiper Shahab Gordon.

Iran mulai menemukan bentuknya di babak kedua, melalui Afshin di menit ke-70 yang memanfaatkan bola pantul dari sundulan Mohammad Gholami yang mengenai mistar gawang. Gol Iran berlanjut melalui M.Nouri menit 83, dan kembali Walid Abbas untuk yang kedua kalinya melakukan gol bunuh diri di injury time ketika mencoba menghadang pergerakan Rezai.

Pertandingan quarter-final pertama akan dimulai 21 Januari, antara Jepang melawan Qatar.

(Berbagai sumber)

SHARE