Kawasan Wisata Pantai Watu Ulo

0
23

.Meskipun namanya mungkin kurang begitu populer dibanding Surabaya ataupun Kota Malang, namun Jember ternyata memiliki potensi bisnis dan wisata yang luar biasa. Salah satu kota di Jawa Timur ini memiliki sarana dan prasarana serta keindahan alam yang patut Anda perhatikan, kawasan wisata Pantai Watu Ulo contohnya. Landskap pemandangan pantai indah yang berjarak sekitar 45 kilometer di sebelah selatan kota Jember ini wajib Anda kunjungi.

Kawasan wisata ini dapat Anda kunjungi dengan mudah dan lancar karena sepanjang perjalanan menuju ke sana melalui jalanan yang mulus dan dikelilingi oleh pemandangan yang indah. Kawasan kota, pinggiran, pedesaan, gunung, dan areal persawahan silih berganti menghiasi dan memberikan kesan kedamaian bagi siapapun yang menikmatinya.

Setelah Anda memasuki kawasan wisata ini, Anda akan segera dapat memahami mengapa pantai ini begitu dipuja oleh warga Jember dan sekitarnya. Banyak sekali keceriaan dan kemeriahan yang melingkupi Pantai Watu Ulo ini, dan keindahan pantai dengan gugusan karang di tengah laut yang merupakan ciri khas Pantai Watu Ulo ini merupakan salah satu sudut yang harus Anda abadikan dalam hidup Anda karena sangat unik, terlihat dan terdengar begitu spesial.

Kawasan ini mendapatkan namanya karena keberadaan sebuah batu panjang berbentuk menyerupai ular yang sisi-sisinya dipenuhi lapisan seperti sisik. Konon pada zaman dulu kala terdapat seekor ular yang melakukan ibadah bertapa di tepi pantai ini. Setelah permohonannya pada sang hyang agung terkabul, ular tersebut berubah wujud menjadi sebuah batu dengan kepala menjulur ke laut dan badan berada di daratan.

Selain batu berbentuk ular, kawasan wisata Pantai Watu Ulo juga memiliki beberapa lokasi wisata lainnya yang patut untuk Anda kunjungi, seperti misalnya lima buah benteng pertahanan dan pengintaian serdadu Jepang yang oleh masyarakat sekitar dikenal sebagai Goa Jepang. Selain itu juga ada sebuah goa yang dihuni ratusan ribu kelelawar dan sering dijadikan sebagai tempat bermeditasi. Goa yang memiliki kedalaman hingga 100 meter ini dikenal dengan nama Goa Lowo, atau Goa Kelelawar.

Ada dua upacara adat yang sampai sekarang masih dilaksanakan di kawasan Pantai Watu Ulo, yaitu Pekan Raya Watu Ulo -mulai diselenggarakan setiap tanggal 1 Syawal- dan Larung Sesaji Pantai Watu Ulo -diselenggarakan pada tanggal 7 Syawal- yang diselenggarakan sebagai salah satu bentuk tradisi dan hiburan bagi masyarakat kota Jember dan sekitarnya.

Di kawasan wisata Pantai Watu Ulo juga tersedia fasilitas taman bermain dan areal perkemahan yang membuat kawasan wisata ini selalu ramai, sibuk, ceria, dan penuh dengan gelak tawa. Ah, menyenangkan sekali rasanya mengunjungi tempat seindah ini.

(Berbagai sumber)

SHARE