Keyless Entry Bikin Mobil Mudah Dibobol Maling

0
107

.CALIFORNIA – Pernah dengan istilah keyless entry? Sebuah sistem kunci pengaman yang memungkinkan kendaraan bisa dibuka tutup pintunya tanpa perlu anak kunci?

Nah, ternyata penelitian menunjukkan sistem kunci model seperti ini bisa dengan mudah di bobol maling!

Assistant Professor of Computer Science di EHT Zurich, Switzerland, Srdjan Capkun berhasil mengungkap fakta mobil dengan sistem keyless entry mudah untuk dicuri.

Capkun dibantu dua rekannya sesama peneliti, Aurelien Francillon dan Boris Danev melakukan penelitian terhadap 10 mobil dari 8 merek berbeda yang memiliki sistem keyless entry. Hasilnya ke 10 mobil tersebut bisa dengan mudah diakses.

Keadaan ini dimungkinkan akibat sistem keyless entry yang mampu beroperasi dalam jarak sampai 100 meter. Jauhnya rentang jarak ini memungkinkan orang lain merelay sinyal-sinyal yang dipancarkan sistem tersebut untuk mengakses mobil yang dimaksud.

Saat mencoba membobol 10 mobil tadi, para peneliti menggunakan sepasang antena untuk menangkap sinyal-sinyal yang dipancarkan keyless entry tersebut.

Satu antena diletakkan dekat dengan mobil, sementara satu antena lagi didekatkan setidaknya delapan meter dari orang yang memegang kunci asli mobil tersebut.

Para peneliti ini bahkan mencoba dua cara dalam melakukan “pencurian” sinyal-sinyal keyless entry tadi. Dengan menggunakan kabel dan tanpa kabel. Francillon menuturkan seseorang butuh biaya USD50 untuk melakukan serangkaian pencurian mobil keyless entry menggunakan kabel, dan butuh USD100-1000 untuk yang memanfaatkan jalur nirkabel tergantung komponen elektronik yang digunakan.

Kasus ini akan tambah parah jika ternyata mobil yang bersangkutan mengadopsi pula mekanisme push button ignition. Jadi ketika maling berhasil membuka pintu mobil tersebut, maka mesin akan bisa langsung dinyalahkan dengan cara menekan tombol push-button ignition tersebut.

(berbagai sumber)

SHARE