Peluncuran Kumpulan Cerpen Sitor

0
49

.Luangkan waktu Anda besok Jumat 21 Januari 2011. Pasalnya, pada hari itu akan terdapat peluncuran buku dari salah seorang sastrawan besar dan senior di Indonesia, yaitu Sitor Situmorang.

Sastrawan yang lahir pada 2 Oktober 1924 ini akan mempublikasikan bukunya ke masyarakat tepatnya di Galeri Cemara 6, jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, pada pukul 16:00-18:00. Buku yang akan menjadi pokok pembicaraan besok tidak lain merupakan kumpulan cerpen sang sastrawan yang lahir di Harianboho, Sumatra tersebut. “Ibu Pergi ke Surga”, itulah judul bukunya.

Buku ini merupakan kumpulan lengkap cerita pendek dari periode 1950-1981. Keseluruhan cerpen berjumlah 23 buah. Beberapa di antaranya mendapat komentar dari sejarawan kebudayaang Denys Lombard. “…dalam arti tertentu, cerpen Sitor adalah sebuah masterpiece,” demikian komentar yang ditulis Lombard pada buku Histoires Courtes d’Indonesie.

Pembicara-pembicara yang akan hadir di sana adalah kritikus sastra, Bagus Takwin dan JJ Rizal, yang tak lain adalah editor buku-buku Sitor Situmorang. Pembacaan cerpen itu sendiri akan dilakukan oleh sang penulis, Sitor dan Budi Ros (Teater Koma).

Pujian dilontarkan pula oleh A. Teeuw dalam buku Modern Literature I, “Dalam kesusastraan Indonesia modern, sejumlah cerpen Sitor tidak ada bandingannya. Pantas memperoleh tempat dalam sebuah antalogi cerita pendek modern barat.”

Akan banyak sekali sastrawan dan budayawan yang menghadiri acara tersebut. Mengapa tidak ikut datang dan meramaikannya? Keterangan lebih lanjut, hubungi Nana Kurnia 021-77206987 / 081385430505. Melihat kebesaran Sitor, acara ini akan memberikan banyak pengetahuan dan wawasan baru. What a nutritious food for your brain!

(Ghiboo)

SHARE