Sundance Film Festival

0
61

.Setiap memasuki penghujung bulan Januari, kota Utah di Amerika mampu menjadi magnet wisata yang sangat luar biasa. Kota ini tak hanya sekedar menggelar Sundance Film Festival, namun juga memberikan harapan bagi para turis untuk bisa berpapasan langsung dengan para selebritis. Yeah, minggu ini Utah akan menjadi salah satu kota paling menyenangkan di dunia.

Tahun ini Sundance Film Festival akan berlangsung hingga tanggal 30 Januari, dan selama 10 hari tersebut akan memanjakan Anda dengan berbagai tayangan film independen, baik produksi Amerika maupun luar negeri. Penyelenggaraan festival film ini dimulai ketika tiga orang film-enthusiasts asal Salt lake City kepikiran untuk memasarkan kota tercintanya sebagai lahan perfilman dan kalau bisa menarik lebih banyak para sineas ke Utah. Ide Sterling Van Wagenen, John Earle dan Cirina Hampton Catania di tahun 1978 itu mendapat dukungan dari aktor  terkenal asal Utah Robert Redford dan pejabat Utah saat itu, Scott Matheson sehingga dimulailah penyelenggaraan sebuah festival film bernama Utah/US Film Festival. Melalui pengorganisasian dan publikasi yang mantap, Utah/US Film Festival semakin maju dan berkembang dan akhirnya berganti nama menjadi Sundance Film Festival setelah di tahun 1991 manajemen festival secara resmi menganugerahkan nama tersebut sebagai penghormatan atas peran Robert Redford dalam mendukung dan memajukan scene perfilman dan kehidupan kota Utah. Nama Sundance sendiri diambil dari karakter yang diperankan oleh Robert Redford dalam salah satu film legendaris Amerika: Butch Cassidy and the Sundance Kid.

Cara menaklukkan festival ini sebenarnya cukup mudah, asal kita tahu strateginya. Pada dasarnya rangkaian festival dibagi dalam dua babak, 5 hari pertama dan 5 hari terakhir. Acara Sundance biasanya mengalami waktu tersibuknya selama 5 hari pertama, dan untuk mendapatkan tiket pemutaran film cenderung agak susah. Namun selama 5 hari awal tersebut akan terjadibanyak sekali hal indah dan menakjubkan, seperti pesta pembukaan, pemutaran film perdana, red carpet, dan kehadiran para selebriti yang memenuhi kota dan berlalu-lalang di setiap gang. Well, kurang lebih sebuah pengalaman yang menakjubkan. Lima hari kedua festival biasanya didedikasikan untuk upacara pengumuman penjurian serta pemberian penghargaan.

Film-film yang ditampilkan di Sundance Film Festival dibagi ke dalam 10 genre terpisah yang tentu saja akan sangat memudahkan Anda ketika mencoba menentukan film mana saja yang ingin Anda nikmati. Dari 3,812 film yang masuk daftar penyeleksian, total ada 118 buah film panjang yang dijadwalkan akan diputar di Sundance Film Festival tahun ini. Jumlah tersebut mewakili 29 negara dan 40 orang first-time filmmaker, termasuk 95 buah film yang tayang world premiere dan 25 film yang lolos kategori kompetisi. Film-film yang masuk dalam kategori kompetisi bisa dibilang merupakan primadona festival dan biasanya akan sangat banyak mendapatkan sorotan dari berbagai media. Kategori film lainnya yang diputar antara lain American Spectrum, Frontier, World Cinema, Native Form, Park City at Midnight, Premieres, Shorts, From the Sundance Collection, dan Special Screenings.

Menghadiri acara screening di Sundance Film Festival dapat dialami oleh siapa saja, karena pada dasarnya kesempatan Anda sama besarnya dengan para bintang, bos studio, agen media, ataupun para die-hard fans. Tidak ada informasi atau proses pendaftaran yang merepotkan, yang harus Anda lakukan kalau ingin melihat film, mengakses tempat pesta, atau menghadiri acara festival hanyalah membeli tiket (individu atau paket) di kotak tiket.

Tantangan terbesar yang harus Anda hadapi ketika menghadiri acara festival ini adalah mendapatkan penginapan. Anda dapat menemukan beberapa hotel dekat Main Street, kawasan Park City Mountain Resort, atau di kawasan lembahnya. Jika Anda suka bermain ski atau Snowboarder, maka kondominium di lereng gunung adalah pilihan sempurna karena dapat dipesan dengan akses tambahan ski-in/ski-out ke lereng, serta layanan antar-jemput menuju kawasan Main Street.

Setelah dahaga Anda akan lintasan ski dan tayangan film bermutu telah terpuaskan, Anda dapat menikmati kemeriahan kota Utah dengan menghadiri berbagai pesta dadakan yang marak terjadi selama penyelenggaraan Sundance Film Festival. Stella Artois Cutting Room, TAO Lounge, Rock Band Lounge, dan Sky Lodge adalah beberapa titik tujuan dimana pesta-pesta paling meriah selalu terjadi. Sangat layak untuk Anda kunjungi.

Namun kalau Anda ingin menikmati Utah dalam suasana yang lebih santai, maka kawasan pusat makanan di Main Street dan Park City adalah lokasi yang harus Anda datangi. Rumah makan Cisero di Main Street adalah surga masakan Italia, tempat dimana Anda dapat menemukan sajian pizza paling lezat di kawasan Utah. Setelah menikmati santap malam di lantai atas, Anda dapat turun ke bawah dan menikmati suasana santai di bar dengan ditemani pertunjukan live music serta meja bilyar. Sambil memesan bir favorit Anda, coba tanyakan pada bartender tentang kisah Air Supply yang tergila-gila dengan tempat ini. Anda juga harus menyempatkan diri untuk mengunjungi Grappa, yang berlokasi di sebuah bukit di kawasan Main Street, untuk menikmati sebuah makan malam romantis, atau mengunjungi Wasatch Brewery dan memesan Polygamy Porter sebagai pelengkap moment sempurna menikmati matahari terbenam di Sundance.

(Berbagai sumber)

SHARE