The Davinci Code

0
49

.Sebuah lukisan tak dikenal karya Leonardo da Vinci baru saja ditemukan di Italy. Lukisan potret dengan objek berupa gambar samping kepala seorang laki-laki tersebut diduga berasal dari koleksi Codex Atlanticus, koleksi paling variatif dalam sejarah portofolio Leonardo da Vinci.

Hal ini disimpulkan setelah para ahli sejarah melakukan penelitian terhadap bentuk dan serat kertas yang digunakan, serta jenis lem yang digunakan, ternyata memiliki kesamaan dengan koleksi Codex Atlanticus. Professor Peter Hohenstatt dan Professor Luigi Capasso juga membandingkan karya ini dengan tipikalitas karakter yang menjadi objek gambar Leonardo da Vinci, serta kandungan komposisi kimiawi yang digunakannya untuk membuat lukisan ini. Temuan baru ini kini disimpan di Uffizi di Florensia, bergabung bersama koleksi Codex Atlanticus lainnya.

Dari hasil rekonstruksi penemuan ini, diketahui bahwa koleksi ini selama ini tersimpan dalam gulungan naskah dan dokumen milik Kardinal Placido Maria Tadini yang menjabat sebagai Kardinal di Genoa pada tahun 1835. Rumah kediamannya kemudian dibeli oleh keluarga Ponzellini di tahun 1940, dan kemudian salah seorang anggota keluarga ini menemukan koleksi yang tercecer ini dan menyimpannya hingga akhir hayatnya. Di tahun 2000’an gambar ini sempat beredar di pasar gelap, dan kemudian diselamatkan oleh para sejarawan hingga akhirnya ditetapkan bahwa koleksi ini asli karya Leonardo da Vinci. Pihak musium dan pemerhati budaya Italia saat ini sedang membahas tentang penyelenggaraan pameran yang menampilkan berbagai karya Leonardo da Vinci yang terkumpul dalam koleksi Codex Atlanticus. Well, sepertinya akan ada alasan tambahan untuk mengunjungi Itali tahun ini. 

(Berbagai sumber)

SHARE