Anak Tetap Sehat Tanpa Pengobatan Medis

0
29

.Pada musim pancaroba ini, anak akan mudah terkena penyakit, khususnya flu atau influenza. Penyakit ini akan sangat mengganggu aktivitas si kecil. Ia akan diserang oleh banyak ketidaknyamanan dari pilek yang terus menerus mengeluarkan ingus, demam, panas, pusing-pusing di kepala, batuk yang terasa gatal di tenggorokan dan membuatnya tersengal-sengal tak bisa tidur di malam hari, sesak nafas, tenggorokan terasa kering, bahkan perasaan mual ingin muntah.

Untuk mencegah hal ini, maka Anda harus lebih memperhatikan buah hati. Bawakan ia payung ketika akan berangkat ke sekolah atau pergi ke mana pun. Bila anak tidak suka membawa payung, maka belikan ia sebuah jas hujan kecil sesuai gambar dan warna kesukaannya. Ajarkan ia cara memakainya dan ingatkan ia untuk selalu memakainya ketika hujan. Meski telah memakai payung ataupun jas hujan, bukan berarti ia boleh hujan-hujanan, ya.

Usahakan untuk selalu menjaga tubuhnya tetap hangat. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikannya makanan atau minuman yang dicampur dangan jahe atau minuman-minuman penghangat lainnya, kecuali alkohol, tentunya.

Jaga si kecil untuk banyak mengonsumsi air putih, minimal delapan gelas sehari. Untuk kekebalan tubuhnya, atur pola makannya dengan menambahkan buah yang mengandung vitamin C. Buah ini bertugas untuk memberikan kekebalan pada tubuh.

Tiap akhir pekan, ajak anak untuk berolahraga atau setidaknya bermain bersama di luar ruangan. Tubuh yang bergerak akan membuat dirinya menjadi lebih sehat. Mengingat flu datang dari virus, maka ada baiknya membuat anak selalu bersih dan higienis. Misal, minta ia selalu mencuci tangan sebelum makan. Hindari bermain tanah, lumpur, ataupun genangan air bekas air hujan. Langkah terakhir tentu saja istirahat yang cukup. Mencegah tanpa memberikan kesempatan pada tubuh untuk berisitirahat juga tidak ada gunanya.

Bila anak sudah terkena flu dan tidak kunjung sembuh, segera bawa ke Rumah Sakit. Daya tahan tubuh seorang anak tidak sebagus orang dewasa.

(Berbagai sumber)

SHARE