Imlek Tahun Kelinci

0
43

.Sepuluh hari ke depan, sekitar 1,3 milyar penduduk RRC dan keturunan Tionghoa lainnya di seluruh dunia akan merayakan Imlek. Pesta perayaan tahun baru yang jatuh pada tanggal 3 Februari sejak jauh hari telah diwarnai dengan berbagai lonjakan, termasuk kesibukan rute transportasi menuju china yang diperkirakan tahun ini akan melayani sekitar 2,56 miliar orang dari seluruh penjuru dunia.

Imlek sendiri sebenarnya merupakan sebuah perayaan kuno dari negeri Tiongkok yang diselenggarakan untuk menyambut kedatangan musim semi yang biasanya hadir di bulan Februari. Sebagai sebuah negara agraris, kedatangan musim semi merupakan sebuah berkah mengingat masa panen biasanya datang bersamaan dengan mekarnya bunga di musim semi. Pesta perayaan di tengah cuaca yang cerah dan penuh kegembiraan ini juga ditunjukkan dengan saling mengucapkan Gong Xi Fa Cai -sebuah salam yang bermakna selamat dan semoga banyak rezeki- kepada para keluarga, kerabat, tetangga, serta teman-teman. Secara turun temurun adat kebiasaan ini diperingati dan akhirnya dibawa kemanapun mereka mengembara. Tak mengherankan kalau hari penuh suka cita ini kini diperingati di hampir seluruh pelosok dunia.

Pertunjukan tari Barongsai dan Wushu adalah salah satu ciri khas Imlek di Indonesia. Selain itu kehadiran hantaran buah-buahan dan kue keranjang serta lezatnya Lontong Cap Go Meh dan hiasan lampion juga telah menjadi semacam prasyarat dalam perayaan Imlek. Dan khusus untuk tahun ini, hewan kelinci sedang banyak dicari-cari.

Sesuai dengan sistem penanggalan kelender China, tahun baru Imlek 2011 nanti akan menjadi awal tahun kelinci emas. Karakter kelinci yang enerjik, aktif, penuh waspada, dan seringkali bersikap penakut namun sangat-sangat sensitif ini secara filosofis dimaknai sebagai sebuah tahun yang penuh dengan persahabatan dan kedamaian. Dan untuk memompa kesempatan serta kesuksesan dalam karier dan percintaan, banyak yang percarya sebaiknya memelihara kelinci. Well, tak mengherankan kalau akhir-akhir ini permintaan kelinci sebagai hadiah maupun hewan peliharaan mengalami lompatan yang mencengangkan.

(Berbagai sumber)

SHARE