Kawah Ijen Nan Indah dan Megah

0
79

.Gunung yang menjulang tinggi, jalan setapak dengan pemandangan alam yang menakjubkan, serta sebuah kawah dengan warna biru yang indah adalah keajaiban alam yang bisa Anda nikmati ketika menjejakkan kaki di kawasan wisata Kawah Ijen.

Danau kawah yang berada di puncak Gunung Ijen, Jawa Timur ini berada di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut, memiliki kedalaman hingga 200 meter dan luas mencapai 5466 Hektar. Kawasan wisata yang juga terkenal sebagai tambang belerang ini masih berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen. Secara geografis berada diantara wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Perjalanan menuju kawah Ijen dapat ditempuh melalui dua rute. Perjalanan dari Banyuwangi ditempuh dengan berkendara menuju pintu gerbang utama Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen yang terletak di Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam Paltuding. Sedangkan dari Bondowoso, Anda dapat mencapai pondok wisata Kawah Ijen melalui Sukosari.

Untuk mendapatkan moment yang sempurna, mulailah rute pendakian Anda ke Kawah Ijen sejak pagi hari. Selain suasana lebih sejuk, hal ini juga dapat menghindarkan Anda dari pekatnya asap belerang yang terbawa arah angin. Jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikan keindahan dan kehidupan taman batu belerang yang menakjubkan ini.

(Berbagai sumber)

SHARE