Pandit Bhimsen Joshi, Legenda Musik India yang Hari Ini Tiada

0
29

.Masyarakat India sedang berduka. Pandit Bhimsen Joshi, legenda musik klasik Hindustani dari India hari ini meninggal dunia pada usia yang ke 89 tahun di rumah sakit kota Pune karena sakit yang berkepanjangan. Beliau yang juga penerima Bharat Ratna, sebuah penghargaan sipil tertinggi di India, telah memakai sistem penyangga kehidupan karena penyakit yang berkaitan dengan usia tua yang menyebabkan ginjal dan gagal pernafasan setelah masuk ke rumah sakit pada tanggal 31 Desember 2010.

Pemilik nama lengkap Bharat Ratna Pandit Bhimsen Joshi ini lahir tanggal 4 February 1922 di Dharwad, sebuah distrik di kota Karnataka. Joshi melesat karirnya ketika melakukan sebuah konser di kota Pune pada bulan January 1946 dalam rangka ulang tahun ke 60 guru Sawai Gandharva. Keistimewaan Joshi adalah suaranya yang powerful, kontrol nafas yang prima, kemampuan musikal yang baik dan memegang teguh adat istiadat yang membuat dia menjadi vokalis Hindustani terhebat. Sebuah perpaduan sempurna antara kecerdasan dan semangat untuk hidup dan untuk  musik.

Selama hidupnya, Joshi mendapat anugerah berupa Padma Shri (1972), Sangeet Natak Akademi award for Hindustani vocal music (1975), Padma Bhushan (1985), Madhya Pradesh “Tansen Samman” (1992), dan Bharat Ratna (2008). Penghargaan juga datang dari perdana menteri India, Manmohan Singh, yang hari ini menyampaikan rasa dukanya karena kematian Pandit Bhimsen Joshi merupakan bencana nasional.

(berbagai sumber)

SHARE