Tips Merawat Jam Tangan Kesayangan

0
48

.Sama seperti perhiasan dan benda berharga lainnya, sebuah jam tangan juga membutuhkan perawatan serta perhatian tambahan. Kalau tidak, jam tangan kesayangan Anda bisa-bisa memiliki akhir yang tragis. Untuk menghindarinya, ini dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar jam tangan Anda selalu berada dalam kondisi prima.

1. Buat dia nyaman. Kadang kala begitu kita sampai di rumah dan melepas jam tangan dari pergelangan, kita menaruhnya dengan sembarangan. Ini bukanlah tindakan yang cerdas mengingat jam tangan adalah sebuah alat yang terdiri dari rakitan berbagai instrumen yang cenderung rawan terhadap goncangan, meskipun jam tangan Anda bersertifikat shock-proof.

2. Kering. Meskipun jam Anda terbuat dari materi stainless steel dan memiliki teknologi waterproof, namun kalau terus menerus dibiarkan dalam kondisi basah maka besar kemungkinan jam tangan akan mengalami kerusakan, bahkan karatan. Sebisa mungkin hindarkan dari paparan air yang berlebihan.

3. Ganti batre. Ketika jam tangan Anda memperlihatkan tanda-tanda penuaan -melambat dan tidak update lagi- segera ganti batu batre dengan yang baru.

4. Magnet-free. Jauhkan jam tangan Anda dari benda-benda yang mengandung medan magnet, seperti pengeras suara, televisi, mesin pendingin, dan lainnya untuk menghindari kerusakan sistem.  

5. Pengaturan waktu. Hindari mengatur penanda waktu, hari dan atau tanggal ketika jam 11 malam sampai jam 1 pagi. Piranti mekanis jam tangan biasanya melakukan pengaturan otomatis pada saat-saat tersebut, sehingga kalau Anda sering melakukannya maka besar kemungkinan akan merusak sistem di dalamnya.

6. Olah raga. Hindari menggunakan jam tangan mekanis ketika Anda melakukan aktifitas olah raga yang menyebabkan banyak sekali ayunan tangan -seperti tenis ataupun golf- mengingat hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pergerakannya.

7. Zat asing. Hindari jam tangan Anda dari paparan air laut yang berlebihan karena dapat menyebabkan kerusakan pada tali strap, bingkai, ataupun bagian bracelet-nya. Zat kimia yang terkandung dalam kosmetik dan parfum juga memiliki dampak yang sama.

8. Bersih. Untuk membersihkan bracelet yang bermateri besi ataupun karet, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan air sabun dan bantuan sikat gigi berbulu halus. Untuk menghilangkan debu yang menempel, sapukan dengan hati-hati untuk menghindari goresan. Untuk tali kulit, cukup dilap dengan kain kering bertekstur halus.

9. Ahli. Jangan bertindak ceroboh dengan iseng-iseng membongkar jam tangan Anda hanya karena rasa penasaran ataupun perasaan mampu melakukannya. Jam tangan dibuat oleh seorang ahli jam tangan dan hanya ahli jam tangan yang bisa menanganinya.

(Berbagai sumber)

SHARE