Jangan Lupakan Kerai!

0
109

.Rumah indah sekalipun akan menjadi kotor dan tidak menarik, bila pada saat hujan, terkena air yang turun dan tampias terbawa angin memasuki rumah. Keadaan menjadi lebih berantakan lagi, karena pada saat menyentuh tanah, air tersebut memantulkan dan menyemburkan tanah tersebut ke pada dinding dan pada ubin di dalam rumah.

Semua bisa diatasi dengan memasang kerai. Terbuat dari berbagai macam jenis kayu, kerai dapat digunakan sebagai penghalang masuknya air dan udara berlebihan ke dalam rumah. Ruangan di dalam rumah tidak pengap, Anda sekeluarga pun masih dapat menikmati segarnya angin semilir yang masuk kala hujan.

Selain berfungsi sebagai penyelamat rumah kala hujan, kerai juga memiliki banyak fungsi lain. Teriknya sinar matahari dapat dihalangi untuk tidak masuk langsung ke dalam rumah. Caranya tentu saja dengan memasang kerai di depan pintu atau teras rumah. Berbeda dengan pintu yang hampir tidak memberikan celah udara sama sekali, kerai tetap akan memberi ruang bagi cahaya untuk masuk ke dalam. Bedanya, kerai tersebut ‘akan’ menyaring kadar ‘kekuatan’ cahaya. Anda tidak akan merasa silau, panas pun tidak lagi terlalu terasa.

Untuk Anda yang menyukai desain-interior rumah modern minimalis, penambahan kerai akan terlihat sesuai. Bentuknya sederhana, sedikit etnik dan alami dengan bahan dasar kayu, namun tetap cocok dipadukan dengan rumah bergaya modern. Kayu kerai yang biasa digunakan untuk desain ini adalah wood blind.

Ruang yang satu dengan lainnya tidak harus dibatasi dengan pintu. Cukup dengan ‘menurunkan’ kerai, ruangan akan terkesan tertutup. Biayanya lebih murah, fleksibel, dan lebih luas kesannya.

Lain lagi dengan jendela. Beberapa dari Anda mungkin tidak suka melihat jendela menempel di dinding terlalu polos. Sepi rasanya. Bila gorden dirasa terlalu biasa, maka kerai yang terbuat dari kayu meranti bisa dijadikan pilihan untuk menghias jendela kesayangan di rumah.

Kerai dapat terbuat dari kayu ramin, kayu meranti, kayu besi, kayu bangkirai, dan wood blind. Biasanya, kerai dibuat sedemikian rupa agar tahan terhadap rayap. Jadi tidak perlu takut keropos. Pasang kerai, yuk!

(Berbagai sumber)

SHARE