Membuat Patung Dengan Bahan Resin

0
812

.Resin adalah bahan mentah yang kita gunakan untuk membuat duplikat boneka, mainan dan action figure. Prosesnya dimulai dengan membuat cetakan dari disain patung. Kemudian cetakan tersebut diisi dengan resin. Untuk proyek ini, cetakan resin polyester digunakan karena meninggalkan permukaan yang lebih halus daripada menggunakan resin dari bahan serat kaca. 

Instruksi:

  1. Pilihlah model figur atau obyek yang ingin Anda buatkan kopinya. Pastikan figur tersebut terbuat dari bahan yang solid, bahan plastik non-porous atau batu, atau tanah liat.
  2. Buat kotak cetakan untuk model figur Anda dari lego atau cetakan tanah liat. Buat jarak satu lego dari model patung Anda dan pastikan tingginya lebih 1/4 inci untuk bagian atas dan bawah model. Gulung sepotong tanah liat hingga merata untuk alasnya.
  3. Campur setengah bahan karet silikon RTV dengan katalis mengikuti arah cetakannya. Tuanglah karet silikon ke dalam kotak cetakan hingga terisi setengahnya, kemudian tekan figur ke arah karet. Tekan beberapa buah bola dari kerajinan kayu di sekitar figur. Biarkan karet silikon semalaman. Pisahkan bola kerajinan kayu dan tuanglah karet berikutnya di sekitar figur, mengisi cetakan. Biarkan cetakan semalaman.
  4. Tarik dan pisahkan kotak cetakan dari figurnya. Anda harus memiliki cetakan negatif dari figur pada kedua sisi cetakan. Ikat cetakan bersama dengan karet gelang, dan buat sebuah lobang di bawah cetakan dengan pisau silet. Ini dilakukan supaya Anda bisa melihat isi di dalam.
  5. Campurkan resin cetakan dengan katalis mengikuti instruksi pada paketnya. Tuangkan resin ke dalam cetakan melalui lobang yang telah dibuat tanpa menciptakan lobang udara. Isilah seluruh cetakan dan kemudian biarkan cetakan kering selama lima jam.
  6. Lepaskan karet gelang dari cetakan dan pisahkan cetakan menjadi dua. Kemudian pisahkan figur baru dari resin. Taburi pasir dengan resin halus sesuai keinginan. Tahan patung didalam air selama diberi pasir, jadi racun dari debu resin tidak mencapai air. Terakhir, beri warna pada resin bila perlu.


(Berbagai sumber)

SHARE