Merokok Tingkatkan Kanker Payudara Pada Wanita

0
27

.Penelitian menunjukkan bahwa merokok selain menyebabkan kanker paru-paru, serangan jantung dan stroke juga meningkatkan risiko kanker payudara. Satu lagi alasan mengapa wanita jangan merokok.

Penliti sudah mengetahui selama bertahun-tahun bahwa tembakau menyebabkan kanker paru-paru dan sedikitnya sembilan tipe tumor berdasarkan National Center Institute. Sekitar 5,7 juta penduduk dunia meninggal per tahunnya menurut data dari WHO.

Meski begitu, hubungan antara kanker payudara dengan merokok belum sepenuhnya akurat menurut penelitian yang dilakukan oleh Archives of Internal Medicine.

Penelitian terbaru inilah yang menjadi tanda tanya besar, karena dilakukan oleh 111 ribu wanita sejak tahun 1976 hingga 2006.

Wanita berisiko terkena kanker payudara sekitar 6% berdasarkan penelitian tersebut. Merokok satu bungkus sehari sebelum menopause bisa meningkatkan risiko wanita terkena kanker payudara dari 1:8 menjadi 1:7,5 kata Walter Willer, seorang dosen Harvard School of Public Health.

Merokok meningkatkan risiko wanita terkena kanker 13 kali lipat menurut American Cancer Society (ACS). Wanita yang merokok sejak muda/ sebelum mempunyai anak berisiko terkena kanker payudara hingga 18%.

Angka tersebut cukup mengerikan, mengingat banyak perokok pria atau wanita sudah merokok sejak remaja, kata Stanton Glantz, direktur Center for Tobacco Control Research and Education dari University of California, San Fransisco.

Hubungan antara merokok dan kanker payudara masih sangat rumit, namun bila Anda merokok saat menopause mengurangi risiko terkena kanker payudara. Ini terjadi mungkin saja karena tembakau bersinggungan dengan estrogen, hormon yang memicu tumor payudara.

Tentu saja ini bukan berarti para dokter menyarankan Anda untuk merokok. Perokok wanita yang sudah tua rentan dengan serangan jantung, stroke dan masalah kesehatan lainnya.

Bagaimana bila Anda seorang perokok wanita dan ingin menurunkan risiko terkena kanker payudara? Salah satunya adalah menyusui dan melahirkan sebelum berusia 30 tahun menurut ACS. Selain itu juga bisa dilakukan dengan menghindari alkohol dan menambahkan berat badan.

Lagi, menurut ACS, mengkonsumsi alkohol segelas sehari meningkatkan risiko kanker payudara dari 10% menjadi 12%.

(Berbagai sumber)

SHARE