Pendinginan Otak Dapat Membantu Penyembuhan Stroke

0
33

.Menurut sekelompok dokter Skotlandia, mendinginkan otak pasien stroke dapat berdampak baik bagi kesembuhan si penderita.

Para dokter tersebut bergabung dengan dokter lainnya di seantero Eropa yang mempercayai: memberlakukan kondisi tubuh dalam hypothermia (suhu tubuh dingin) kepada beberapa pasien dapat meningkatkan tingkat ketahanan hidup dan mengurangi kerusakan otak.

Teknik serupa telah diuji cobakan dan berhasil pada pasien serangan jantung juga mereka yang terkena cedera kelahiran.

Para ilmuwan berunding di Brussel untuk mendiskusikan mengenai penggunaan teknik baru ini secara luas di Eropa. Sampai saat ini, penelitian telah menggunakan tubuh pasien yang didinginkan dengan memasukan cairan es ke pembuluh darah dan menggunakan alas pendingin bagi tubuh. Cara ini mampu merendahkan suhu tubuh ke sekitar 35 derajat celcius atau dua derajat lebih rendah dari suhu normal. Sehingga tubuh berada dalam keadaan hibernasi (penurunan metabolisme yang ditandai suhu tubuh yang lebih rendah, pernafasan yang lebih perlahan, serta kecepatan metabolisme yang lebih rendah) buatan, namun tetap membuat otak masih hidup dengan kondisi suplai darah yang lebih sedikit. Kondisi tersebut memberikan dokter waktu yang penting untuk mengobati pembuluh darah yang tersumbat atau pecah.

Dr. Malcolm Macleod, kepala penelitian neuroscience di pusat Clinical Brain Sciencies, Universitas Edinburgh, mengatakan: “Setiap hari 1000 orang Eropa mati karena stroke – itu berarti satu setiap 90 detik – dan dua kali angka tersebut selamat namun cacat…Menurut kami, cara ini dapat mengurangi angka tersebut.”

Dalam rangka melakukan penelitan lanjutan, Dr Macleod dan tim dari Skotlandia bergabung dalam consortium of clinicians di seantero Eropa untuk mencari dana dalam percobaan yang akan melibatkan 1500 pasien stroke.

Proyek penelitian Eropa yang juga melibatkan rumah sakit di Jerman, Itali dan Perancis, dipimpin oleh Dr Stefan Schwab. Dr Schwab menyatakan:”Kami tahu kondisi keuangan sedang sulit. Tetapi berdasar bukti yang telah ada, keuntungan kesehatan dan ekonomi dari mencegah stroke yang dapat menyebabkan cacat bahkan kematian dapat membuat penelitian ini dapat membiayai sendiri kurang dari setahun.”

“Sebagaimana populasi terus meningkat, percobaan ini menjadi semakin penting, dan keuntungan dari cara ini akan menyiapkan penelitian yang lebih mendalam terhadap hypothermia dan memperluas kelayakan pengobatan kepada jumlah pasien yang lebih besar.”

Perkembangan dari penelitian ini juga dipantau oleh badan luar angkasa Eropa karena aplikasi ini mungkin dapat digunakan untuk perjalanan luar angkasa yang lebih jauh.

(Berbagai sumber)

SHARE