Langkah Sempurna Merawat Kulit Khas Asia

0
41

.Kulit Asia biasanya berwarna agak kekuningan, tetapi tone-nya dapat bervariasi mulai dari beige hingga fair. Kulit Asia disebut-sebut sebagai kulit yang paling baik dibandingkan kulit orang-orang Eropa atau Kaukasia karena memiliki melanin yang cukup, tidak terlalu pucat dan memiliki pori-pori yang cenderung kecil. Sebagai orang Indonesia, anda tak perlu berusaha mati-matian untuk memutihkan kulit, sebaliknya anda patut berbangga karena kulit Asia menjadi idola di dunia. Namun, bagaimana cara merawatnya agar selalu berkilau dan sehat?

1. Gunakan hydrating cleanser yang lembut setiap kali mandi pagi. Kemudian setelah dikeringkan, gunakan krim pelembab yang mengandung tabir surya minimal SPF 15, untuk membantu mencegah terbentuknya bintik-bintik hitam.

2. Pada malam hari, pembersih yang lembut harus digunakan lagi sebelum tidur. Jangan menggosok kulit anda terlalu keras dengan facial scrub karena akan mencegah iritasi dan kulit kemerahan, bahkan membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak dari biasanya.

3. Jika ingin melakukan perawatan kulit di dokter kulit atau klinik kecantikan, lakukan pada pagi atau sore hari. Ini adalah waktu paling tepat karena setiap pagi dan sore sel-sel kulit baru terbentuk di lapisan basal.

4. Makan makanan bergizi dan minum air putih 8-10 gelas sehari. Wortel, sweet potatoes dan brokoli sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena kaya vitamin A yang baik untuk kulit. Minum jus jeruk dan menjadikan strawberry sebagai cemilan sehari-hari akan memenuhi kebutuhan anda akan vitamin C dan kolagen. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan elastisitas kulit berkurang, bekas luka dan memar pun sulit hilang.

5. Hindarkan kulit dari bahan kimia seperti parfum dan alkohol. Gunakan produk kosmetik yang hypoallergenic dan mengandung bahan-bahan alami. Sebaiknya jangan mencoba microdermabrasi, laser dan perawatan terlalu mendalam, apalagi jika kulit anda tergolong kulit yang normal. Perawatan kimia ini mungkin terdengar canggih, namun dapat menyebabkan pigmentasi yang tidak merata dan kulit yang menipis.

6. Langkah termudah untuk menjaga kulit tetap lembut dan cerah adalah dengan menghindarkan merokok. Tindakan menghirup dapat menyebabkan garis-garis terbentuk di sekitar mulut dan mata. Karbon monoksida juga menggantikan oksigen dalam darah sehingga menghilangkan oksigen kulit, yang menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

7. Banyak wanita Asia termasuk Indonesia memiliki keinginan kuat untuk lebih putih dan cerah. Ada beberapa cara alami yang tak membahayakan kulit, misalnya menggunakan masker dan body scrub berbahan dasar susu, bengkuang atau tepung beras yang dicampur dengan air sehingga membentuk pasta. Tiga bahan natural ini mampu mencegah pertumbuhan melanin. Sedangkan untuk melembutkan dan membuat kulit bercahaya, minyak zaitun adalah produk yang paling tepat.

(Berbagai sumber)

SHARE