Mandi, Yuk, Nak!

0
59

.Berikut adalah cara memandikan bayi dengan benar. Tidak apa bila Anda belum berani atau masih takut untuk memandikannya di bak mandi pada minggu-minggu pertama. Gunakan saja washlap di ruangan yang hangat. Alasi si kecil dengan handuk untuk mengeringkan tubuhnya.

Bila Anda tidak merasa puas dan sudah saatnya untuk memandikan bayi benar-benar di bak mandi, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai ‘ritual’ mandi bayi.

Lengkapi bak mandi bayi Anda dengan penyangga tubuh atau karet mandi agar si kecil tidak mudah tergelincir. Letakkan bak mandi tersebut di tempat yang nyaman sesuai suhu ruang. Tempat yang tinggi adalah pilihan yang tepat untuk menghindari Anda terkena sakit pinggang. Sediakan termometer air, washlap lembut atau spon mandi bayi, dan handuk bayi. Jangan lupa untuk membawa perban, kapas, Betadine, plester, serta cotton buds untuk membersihkan tali pusarnya. Setelah si kecil selesai dimandikan, ia akan memerlukan baju bayi, popok, bedak, minyak telon, dan masih banyak lagi.

Pertama, isi bak mandi dengan jumlah air yang cukup dan suhu air sekitar 30-32 derajat Celcius. Jaga agar suhu ruang tempat mandinya tidak terlalu dingin. Tempatkan buah hati di dalam bak atau di atas penyangga. Perlahan-lahan, basahi tubuhnya dan bersihkan mata, telinga, wajah, dan lipatan tubuhnya dengan lap lembut. Usapkan sabun khusus bayi di badannya dan bilas lembut dengan air.

Untuk mencuci rambut, lakukan di atas bayi taffel, sebelum dimasukkan ke bak. Topang kepala dan bahunya menggunakan lengan bawah Anda. Singkirkan dan bersihkan busa di kepala si kecil dengan kain basah. Bilas kembali dengan bersih. Setelah selesai, angkat tubuhnya dengan handuk hangat dan keringkan dia.

Selama mandi, tatap mata si kecil dengan lembut dan penuh kasih sayang. Ajak dia berbicara atau nyanyikan lagu untuknya. Hal ini akan membuat buah hati menjadi tenang dan merasa aman.
 
(Berbatgai sumber)

SHARE