Air Putih Mematikan!

0
27

.Air putih dapat merugikan tubuh. Tunggu, tidak setiap saat. Hal ini terjadi hanya ketika Anda meminumnya sesaat sebelum makan dan sebelum tidur.

Mengonsumsi air putih sesaat sebelum makan hanya akan membuat proses penyerapan makanan oleh enzim menjadi lebih sulit. Hal ini disebabkan karena air yang diminum butuh waktu 30 menit lamanya untuk mengalir dari lambung menuju usus.

Sebelum sempat mengalirkan air ke usus, kerja enzim bertambah berat dengan adanya makanan yang masuk. Itulah yang terjadi. Untuk itu, bila ingin meminum air untuk menghindari diri makan terlalu banyak, lakukanlah satu jam sebelum makan.

Lain lagi yang terjadi bila Anda mengonsumsi air sesaat sebelum tidur. Hal tersebut akan menimbulkan aliran balik.  Air yang bercampur dengan asam lambung dapat memasuki tenggorokan dan terhirup ke dalam paru-paru, yang dapat menyebabkan pneumonia.

Tenggorokan dirancang agar tidak ada yang masuk ke dalamnya selain udara. Jika di dalamnya masih terdapat makanan atau minuman, isi lambung akan meluap naik menuju kerongkongan saat Anda merebahkan diri. Secara otomatis tubuh akan menyempitkan saluran pernafasan dan menghentikan pernafasan untuk mencegah isi lambung memasuki tenggorokan.

Coba Anda pikirkan, berapa banyak orang meninggal terkena serangan jantung pada dini hari? Penyebabnya tidak lain adalah asam yang mengalir balik akibat konsumsi makanan dan minuman pada malam hari. Saat saluran pernafasan tertutup, nafas menjadi tidak teratur. Kadar oksigen dalam darah kemudian berkurang dan tentu juga akan mengurangi persediaan oksigen menuju otot jantung.

Seperti pada saat makan, minumlah air satu jam sebelum tidur. Biasakan tidur dengan perut kosong. Lebih baik lapar daripada kehilangan nyawa, bukan?

(Berbagai sumber)
 

SHARE