Perbaikan Kolosal Koloseum Roma

0
51

.Koloseum, gedung amphitheatre di Kota Roma yang merupakan salah satu keajaiban dunia dari zaman medieval ini akan segera menjalani sesi perbaikan. Hal ini dimungkinkan berkat guyuran dana sebesar 25 Juta Euro (sekitar Rp. 310 Milyar) yang ditalangi oleh Diego Della Valle, sang raja sepatu dari group Tod’s. Rencananya proyek restorasi ini akan dibagi dalam 8 tahap, dan rancangannya sendiri telah disetujui oleh Departemen Kebudayaan Italia.

Gedung pertunjukan yang memiliki nama asli Flavian Amphitheatre dan didirikan oleh Raja Vespasian, kemudian dilanjutkan oleh anaknya Titus, pada masa kejayaan Kekaisaran Romawi dan menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Romawi yang pernah dibangun. Nama Koloseum sendiri berasal dari patung kolosal setinggi 40 meter yang merupakan patung diri Kaisar Nero dan diadaptasi dari patung aslinya, the Colossus of Rhodes yang berdiri di Kota Rhodes pada zaman Yunani kuno. Meskipun sampai sekarang masih ada perbedaan keyakinan, namun kebanyakan arkeolog meyakini bahwa gedung pertunjukan yang mampu menampung 50.000 penonton ini dibangun sekitar tahun 70 hingga 82 Masehi.

Meskipun berada dalam kondisi compang-camping akibat kerusakan beruntun yang disebabkan oleh kombinasi gempa bumi dan penjarahan, simbol ikonik Kekaisaran Romawi ini tetap mempunyai pesona tersendiri dalam scene budaya pop maupun pariwisata dunia. Tentu saja kemunculan koloseum yang paling megah dan mudah diingat adalah penampakannya yang sempurna dalam film mega blockbuster Gladiator arahan Ridley Scott. Film yang dibintangi oleh Russell Crowe ini menampilkan koloseum dalam bentuknya yang paling prima, tentu saja berkat kecanggihan computer-generated imagery. Koloseum dan film Gladiator adalah kombinasi sempurna pemicu mewabahnya trend sandal gladiator beberapa waktu silam. Sebuah trend yang juga sangat dinikmati oleh Tod’s hingga akhirnya melahiran berbagai koleksi sandal super mewah miliknya.

(Berbagai sumber)

SHARE