Poutine, Yummy!

0
797

.Anda pernah dengar poutine? Bagi yang suka mampir ke restoran asing, pernah berkunjung dan tinggal di Kanada seharusnya pernah mencicipi menu ini.

Poutine merupakan bahasa Perancis yang artinya berantakan. Makanan ini berasal dari tetangga Amerika Serikat, Kanada, tepatnya di kota Quebec pada akhir tahun 1950. Tidak diketahui siapa pencipta aslinya. Makanan ini terdiri dari kentang goreng yang dibubuhi dengan keju lumer. Awalnya dikenal hanya di Kanada, namun sekarang bisa diperoleh di beberapa restoran cepat saji di seluruh Kanada dan luar Kanada.

Kentang goreng (french fries) dengan keju lumer yang disuguhi dengan saus daging sapi berwarna coklat. Berikut resep singkat cara membuat poutine untuk empat penyajian:

Bahan-bahan:

  • 1 liter minyak sayur untuk menggoreng
  • 10,25 ons saus daging sapi (1 kaleng)
  • 5 kentang berukuran sedang, potong panjang-panjang (fries)
  • 2 cangkir keju lumer

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak ke dalam penggorengan yang dalam dengan suhu 185 derajat celcius. Selama menunggu minyak panas, Anda bisa mulai memanaskan sausnya.
  2. Masukkan kentang ke dalam minyak panas, dan masak hingga berubah menjadi coklat muda sekitar 5 menit. Masukkan kentang secara bergantian bila tempatnya kurang memadai. Pindahkan kentang ke wadah untuk dikeringkan minyaknya.
  3. Letakkan fries ke piring penyajian dan tuangkan keju diatasnya. Tuangkan saus ke kentang dan keju kemudian sajikan dalam kondisi panas.


(Berbagai sumber)

SHARE