Ruam Popok Timbul Akibat Jorok

0
65

.Iritasi kulit di daerah pantat kerap mengganggu si kecil. Melihat hal ini, maka bisa dipastikan bila bayi Anda terkena ruam popok. Tidak berbahaya, namun menimbulkan ketidaknyamanan pada buah hati.

Ruam popok terjadi bila Anda terlambat mengganti popoknya yang sudah basah. Selain itu, popok yang bertekstur terlalu kasar dan tidak menyerap keringat, terkena infeksi jamur, bakteri, atau eksema akan menyebabkan ruam popok.

Lepas popoknya dan biarkan kulit si kecil terkena angin. Ruam yang disebabkan oleh basah atau infeksi jamur pun akan menghilang seketika. Jangan lupa untuk mengganti popoknya secara rutin. Basuh pantatnya menggunakan air bersih dan keringkan sebelum memasangkan popok yang baru. Krim khusus akan berguna membantu melindungi iritasi pada kulit bayi.

Untuk kenyamanan si kecil, pilih popok berbahan katun dan lembut. Hindari lecet dan gesekan pada kulit anak dengan tidak terlalu ketat memakaikan popok. Segera ganti popok dengan yang baru bila sudah terlihat menggelembung, menggantung, ataupun penuh. Saat membasuh dan membesihkan buah hati, jangan menggunakan sabun bila kulitnya tertutup popok, berwarna merah, dan kasar. Bersihkan dengan teliti. Ingat, sedikit sisa urine ataupun kotoran saja dapat menimbulkan ruam popok!

Semakin rajin Anda, semakin sehat si buah hati.

(Berbagai sumber)

SHARE