Selidiki Kolik!

0
26

.Si kecil tiba-tiba menangis? Mungkin ia terkena kolik. Penyebab kolik pada bayi ada bermacam-macam. Meski belum diketahui secara pasti, namun sejumlah faktor menjadi penyebab potensial. Menghirup terlalu banyak udara tanpa udara dan membuat perut kembung hingga terasa sakit adalah salah satunya. Penyebab lain yakni usus besar si kecil yang bekerja terlalu keras akibat mengeluarkan feses dari tubuh, sehingga menyebabkan kram.

Waspadai kolik. Bila wajah buah hati sudah menjadi kemerahan dan menangis keras selama 2-3 jam disertai tangan yang terkepal dan kaki yang ditarik hingga ke dada, maka kemungkinan ia mengalami kolik. Awasi si kecil dalam ming-minggu pertama usianya. Kolik bisa muncul setiap saat dan baru akan hilang ketika usianya mencapai tiga bulan.

Untuk mengatasi kolik, mandikan buah hati dengan air hangat dan bungkus dia dengan selimut hangat setelah itu. Pijat perutnya dengan lembut searah jarum jam. Bantu bayi bersendawa. Untuk ini, Anda bisa meminta bantuan bidan atau dokter. Jangan lupa untuk menggerakkan kedua kaki si kecil layaknya mengayuh sepeda. Mengayunnya juga dapat sedikit membantu menenangkannya. Meski dikatakan bahwa 15 menit setelah pemberian ASI, kolik bisa saja muncul, namun ASI dapat mengurangi banyaknya udara yang terhirup, yang dapat menyebabkan kolik.

(Berbagai sumber)

SHARE