China Super Megapolitan: Segera!

0
68

.Tak puas dengan kepemilikan berbagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia, pemerintah China juga berencana akan menciptakan sebuah kota terbesar di dunia dengan menggabungkan 9 kota di kawasan delta Pearl River menjadi sebuah kota yang terintegrasi secara sempurna. Nantinya super mega-metropolis di China ini akan memiliki luas total sekitar 41 Ribu km2, sekitar 53 kali lebih besar dari luas New York City.

Kota yang luar biasa besar ini belum memiliki nama dan tidak akan dinamai dengan salah satu dari 9 kota anggotanya untuk menghindari kecemburuan sosial. Dengan populasi sekitar 42 juta jiwa, seandainya kota ini menjadi sebuah negara, maka kota ini berpotensi mengalahkan Argentina dan menempati posisi ke-32 dalam daftar negara terbesar di dunia.

Diantara 9 kota yang nantinya akan dipersatukan itu ada nama Guangzhou dan Shenzhen di sana, yang merupakan kota terbesar kedua dan ketiga di China dengan populasi sebesar 11,7 juta dan 8,9 juta. Selain Guangzhou dan Shenzhen, kota lainnya yang akan diakuisisi adalah Foshan, Dongguan, Zhongshan, Zhuhai, Jiangmen, Huizhou dan Zhaoqing yang jika digabungkan maka akan menghasilkan sebuah zona ekonomi dengan kekuatan sebesar sepersepuluh perekonomian China. Bisa diperkirakan nantinya kota gabungan ini akan menjadi pusat ekonomi China yang sesungguhnya.

Proyek raksasa ini diperkirakan akan menguras dana hingga sebesar 304 milyar dolar, dengan masa konstruksi selama 6 tahun. Setidaknya ada sekitar 150 proyek infrastruktur dibidang transportasi, energi, air, dan jaringan telekomunikasi yang nantinya akan menjadi tali pengikat kesembilan kota tersebut. Ambisi paling spektakulernya adalah membangun jalur kereta api yang dapat membawa penduduk kota menuju pusat kota super besar ini dalam 1 jam perjalanan, dan membangun jalur kereta api ekspres yang dapat menghubungka warga kota mega-metropolis baru ini dengan Hong Kong. Segi positifnya adalah, kemungkinan besar nantinya akan ada lebih banyak lagi destinasi wisata yang dapat Anda jelajahi di kota raksasa China ini.

(Berbagai sumber)

SHARE