Merawat Koleksi Sepatu Agar Tetap Cantik

0
52

.Jika anda mengakui sebagai shoe fetish, maka anda harus tahu bagaimana merawat koleksi sepatu anda agar tetap cantik dan terjaga kaulitasnya. Jika tidak, harga dan perjaungan anda mengumpulkan barisan sepatu-sepatu tersebut akan berakhir penyesalan karena kulit yang rusak atau warna yang pudar. Bagaiman acara merawat sepatu yang baik?

1. Untuk mencegah agar sepatu tidak berbau, jangan memakai produk sepatu dengan kondisi kaki yang sedang basah. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan bakteri berkembang dan akhirnya sepatu anda menjadi berbau tak sedap.

2. Simpanlah sepatu berbahan kulit di tempat yang kering. Hindari untuk menjemur sepatu di bawah terik matahari, cukup diangin-anginkan saja agar sepatu tidak lembab. Jangan dilap dengan menggunakan air, cukup gunakan bahan lembut yang kering untuk mengelapnya. Khusus untuk sepatu berwarna putih, laplah dengan memakai pasta gigi berwarna putih hingga merata agar kulit sepatu tidak pecah-pecah dan lebih awet.

3. Jangan mencuci dan menyikat sepatu berbahan suede karena akan merusak teksturnya. Bersihkan dengan sikat gigi bayi yang halus atau sikat khusus untu sepatu suede yang tersedia di toko-toko speatu terkemuka untuk menghilangkan debu yang menempel. Simpan sepatu suede dalam kotak setiap sehabis dipakai. Jangan menjemurnya di bawah terik matahari karena bahan suede adalah bahan yang cukup beresiko dan mudah berubah warna. Jangan lupa untuk menambahkan kapur barus pada bagian dalam sepatu agar tidak bau dan terhindar dari jamur.

4. Jika kaki anda selalu berkeringat, sebaiknya cuci kaki dan keringkan terlebih dahulu lalu taburi foot powder sebelum memakai sepatu. Usahakan yang memiliki kandungan chamomile atau mint untuk menjaga kesegarannya.

5. Jangan lupa untuk memakai foot spray setiap setiap kali anda akan mengenakan sepatu yang sudah lama tak dipakai. Diamkan beberapa saat hingga kering, lalu pakai dengan hati-hati.

6. Bedakan tempat penyimpanan sepatu yang sering dipakai dengan sepatu yang jarang dipakai dan khusus untuk koleksi. Jika anda tak mempunyai ruangan penyimpanan khusus atau fashion closet, anda dapat menyimpannya di kotak-kotak kardus yang diberi nama, jenis dan merk sepatu untuk memudahkan anda mencari. Lalu susun rapi di atas rak sepatu yang terbuat dari plastik atau kayu. Luangkan waktu seminggu sekali untuk membukanya dan membersihkan satu per satu.

(Berbagai sumber)

SHARE