Jepang Juara Piala Asia 2011

0
38

.Ini adalah kemenangan keempat Jepang di Piala Asia. Gol Tadanari Lee di menit 108 memupuskan harapan Australia untuk menang pertama kalinya.

Final yang berlangsung di stadion Khalifa International dengan dihadiri 37.174 pendukung dari kedua negara dan dipimpin oleh wasit Ravsan Irmatov (Uzbekistan) berjalan tanpa gol sampai dengan dua kali 45 menit.

Gol baru tercipta di perpanjangan waktu kedua, tepatnya di menit ke-108. Ketika Lee mendapat umpan manis dari Nagatomo yang berada di sisi kiri luar kotak lawan. Umpan tersebut dimaksimalkan Lee untuk melakukan tendangan kungfu bola sehingga membuat Schwarzer hanya diam terpana melihat bola masuk di sisi kirinya.

Dalam pertandingan final ini kiper Jepang, Eiji Kawashima menjadi Man of the Match. Beberapa peluang Australia berhasil dipatahkannya. Terutama saat ia berhadapan satu-satu dengan Kewell. Kewell menendang dan dapat dihalaunya dengan baik.

Peraih top skorer didapat penyerang Korea Selatan Koo Ja-Cheol dengan lima gol.  Mos Valuable Player jatuh kepada Keisuke Honda (Jepang) dan Fair Play Award diberikan kepada tim Korea Selatan.

Sampai bertemu lagi pada Piala Asia 2015 di Australia.

(Berbagai sumber)

SHARE