Surga Di Telapak Slovakia

0
73

.Slovakia adalah sebuah negara yang terkurung daratan -Austria, Republik Ceko, Hungaria, Polandia dan Ukraina- di kawasan Eropa Tengah. Slovakia adalah destinasi wisata yang sempurna untuk menikmati keindahan alam, sejarah dan perawatan spa. Dan karena ukurannya yang tak begitu luas -sekitar 48.845 km2, bandingkan dengan Provinsi DKI Jakarta yang mempunyai luas daratan 661,52 km2- maka sangat mudah sekali untuk mengkombinasikan ketiganya.

Fitur tertinggi di Slovakia adalah puncak Gunung Tatra, sebuah gunung yang terlihat ganas, liar dan sangat tajam, namun menyimpan keindahan yang luar biasa dan sangat sempurna untuk aktifitas olahraga musim dingin. Secara geologis, Slovakia adalah kombinasi antara batu kapur, sungai, mata air, bebatuan berformasi indah, ngarai, air terjun, serta perbukitan yang semuanya menghasilkan sebuah kata, yaitu surga. Dari puncak gunung hingga ke lembah, dari pusat kota Bratislava hingga kawasan pinggiran dengan bukit hijaunya, setiap lekuk dan sudut Slovakia selalu menyajikan pemandangan indah. Dan entah mengapa Slovakia terlihat sangat berwarna dan begitu sedap dipandang mata. Seolah-olah negara ini terbuat dari sekotak crayon warna yang setiap warnanya teraplikasi dengan rata dan sempurna.

Dan kalau Anda adalah seorang pecinta kehidupan abad pertengahan, maka Slovakia akan benar-benar menjadi surga bagi Anda karena negara ini memiliki koleksi istana dan puri terbanyak di dunia. Dari yang bergaya gothic hingga baroque, dari yang bobrok hingga yang terawat dengan prima, semuanya ada di Slovakia.

Mengenai iklim dan cuaca, negara empat musim ini memiliki kecenderungan musim panas yang cerah dan gerah, sedangkan musim dinginnya diwarnai dengan kondisi berawan, lembab dan penuh salju. Jika Anda berencana mengunjungi Slovakia bagian Utara yang merupakan kawasan pegunungan, persiapkan diri Anda karena cuacanya cukup labil dan dapat berubah secara dramatis dalam hitungan menit. Kadang di musim panas bisa tiba-tiba turun hujan, atau bahkan turun salju. Persiapkan diri Anda dengan perlengkapan yang tepat, dan jangan pernah meremehkan cuaca.

Pusat kehidupan Slovakia berada di Bratislava yang merupakan kota terbesar, sekaligus ibukota Slovakia. Bratislava adalah kawasan  yang sempurna untuk menikmati rona-rona sejarah yang indah, ramai dengan arsitektur bergaya Gothic, Baroque dan Renaissance. Gereja, kastil dan rumah-rumah, serta jalan-jalan bebatuan, air mancur, dan kafenya yang menyenangkan telah bersiap dan berdandan dengan sempurna untuk menyambut kedatangan Anda.

Selain keindahan Bratislava, Slovakia juga menyimpan banyak pesona di Kota Kosice yang penuh dengan nilai historis; Kota Poprad yang merupakan pintu gerbang menuju keagungan Tatra; Kota Presov yang menjadi contoh terbaik  arsitektur Renaissance di Slovakia; Kota Rajecke Teplice yang damai dan terkenal sebagai kota spa dengan kemegahan Taman Nasional Mala Fatra; Kota Trencin yang merupakan tempat berbaringnya puri indah dari abad pertengahan yang terlihat begitu anggun menghadap ke sungai; serta Kota Trnava yang merupakan kota tertua di Slovakia dengan koleksi jumlah gereja terbanyak diantara sodara-sodaranya. Walaupun figurnya tak begitu besar, namun sepertinya akan membutuhkan waktu seumur hidup untuk menikmati keindahan Slovakia hingga puas dahaga kita. Oh, Slovakia…

(Berbagai sumber)

SHARE