Teluk Naga Ha Long Bay

0
36

.Ha Long Bay, atau dalam bahasa Indonesia berarti Teluk Naga, adalah sebuah kawasan wisata yang luar biasa indah di Vietnam, sekitar 168 km sebelah timur Hanoi. Gugusan kepulauan seluas 1,553 km2 yang terbentuk dari erosi air pada batuan kapur dan menelan waktu pembentukan hingga 500 juta tahun ini telah menjadi sangtuari bagi keanekaragaman hayati, termasuk tanaman cemara laut dan sekitar 14 jenis bunga serta 60 jenis fauna -salah satunya adalah spesies kera kepala emas, salah satu primata paling langka di dunia- yang tersebar di sekitar 1.960 pulau. Kawasan Ha Long Bay juga telah tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994 dan kini bersaing dengan Great Barrier Reef di Australia, Kepulauan Galapagos di Ekuador, Pulau Komodo di Indonesia serta 27 pesaing lainnya dalam memperebutkan gelar the New 7 Wonders of Nature.

Ketika berkunjung ke kawasan Ha Long Bay, jelajahi pula kehidupan serta budaya masyarakat sekitarnya. Anda akan terpesona dengan kesederhanaan serta keramahan penduduknya yang masih suka memakai topi Non La, sebuah topi tradisional yang terbuat dari anyaman bambu dan sangat praktis karena dapat menahan paparan panasnya Vietnam, serta dapat digunakan untuk tempat makan dan minum. Selain itu jangan lupa juga untuk menikmati kesegaran buah naga yang begitu kaya akan antioxidant. Selain keindahan panoramanya, buah naga merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Ha Long Bay. Untuk melengkapi pengalaman Ha Long Bay-ing Anda, nikmati juga menu kulinari bernama Pho, sebuah sup yang terbuat dari 21 bahan, termasuk kayu manis, jahe, bintang laut, pasta ikan, dan daging sapi.

Bentuk wisata yang paling happening dan sanggup menghadirkan antrian panjang para pengunjung di kawasan Ha Long Bay adalah jelajah pulau dengan berperahu sambil mengunjungi beberapa dermaga, pantai berpasir dan gua yang mempesona. Dan waktu paling sempurna untuk mengunjungi teluk Naga ini adalah diantara bulan April-Oktober saat cuaca cerah menyajikan warna serta pesona alam Ha Long Bay yang paling indah. Bulan November hingga Maret adalah kondisi dimana Ha Long Bay berada dalam titik terendah, baik dari segi harga maupun jumlah kunjungan wisata. Tentu saja karena cuaca yang buruk -termasuk hujan dan potensi badai topan- hingga kadang menyebabkan ditutupnya tempat wisata yang indah ini. Untuk memanjakan jasmani dan rohani Anda dengan keindahan Ha Long Bay, Anda dapat mengikuti sebuah tur 3 hari 2 malam menjelajah kepulauan dengan menumpang sebuah kapal layar 37 kabin yang dibuat dengan dengan desain dan penampakan yang sama dengan kapal-kapal yang berlayar dio kawasan ini pada zaman dulu kala. Paket wisata dengan kabin ukuran dobel dibuka mulai US$330, sudah termasuk transportasi dari dan menuju Hanoi.

Ada sebuah kawasan di Ha Long Bay yang cukup unik, bernama Celestial Palace (Thien Cung) Grotto. Goa batu gamping dengan koleksi stalaktit yang menakjubkan ini belum lama ditemukan dan konon kalau jumlahnya ditambahkan dengan gua gamping lainnya dan jumlah pulau di kawasan Ha Long Bay, maka akan menghasilankan angka 1.969, yang mana merupakan tahun dimana Ho Chi Minh -tokoh revolusi dan negarawan yang sangat disegani di Vietnam- meninggal dunia. Tidak percaya?? Anda dapat membuktikan keindahan serta keunikannya ketika mengunjungi Ha Long Bay.

(Berbagai sumber)

SHARE