Tren Pernikahan 2011

0
30

.Berikut adalah perkiraan bentuk tren pernikahan bagi Anda yang merencanakannya tahun ini. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi?

Sentuhan vintage

Sentuhan vintage yang dipadupadankan dengan nada modern dan diinspirasi oleh gaya retro akan banyak dilihat tahun ini. Hal lama akan kembali menjadi baru. Gaun pengantin wanita, misalnya, kini akan banyak yang kembali menggunakan lengan yang sangat pendek (cap sleeves), bukan kemben lagi, dengan tekstur indah dan menawan dalam motif dan detil bunga. Lokasi pemilihan acara akan berlangsung di tempat-tempat alami dan terbuka (outdoor). Foto-foto pernikahan pun akan dibuat seperti tempo doeloe. Mungkin hal ini telah kerap Anda lihat pada banyak foto pre-wedding teman atau saudara-saudara Anda sejak tahun kemarin. Yup, it is still on now.

Ramah lingkungan

Pernikahan yang ramah lingkungan akan sangat disoroti tahun 2011 ini. Selain vintage, gaun pernikahan bekas ibu, saudara, atau teman akan lebih ‘laku’ dibanding gaun baru yang dijual di toko. Teknik pencahayaan akan bergantung pada LED lighting, menggunakan kertas daun ulang pada undangan, dan tentu saja makanan yang disuguhkan berasal dari daerah setempat. Berbicara mengenai undangan, bahkan banyak undangan pernikahan tahun ini akan dikirimkan bukan menggunakan kertas, namun melalui media sosial, email, atau sekedar SMS! Tidak perlu takut dinilai tidak sopan, nilai efisiensi, praktis, dan ekonomis jauh lebih penting.

Pilihan modern

Meski demikian, bentuk pernikahan modern kontemporer tetap akan disambut dengan baik. Mempelai wanita dapat memilih bentuk gaun pernikahan dengan warna-warna cantik, dibanding memakai gaun dengan warna gading seperti layaknya mempelai lain. Seperti yang telah dikatakan di atas, gaun strapless atau berbentuk kemben mulai ditinggalkan dan para perempuan akan mulai melirik lagi gaun berlengan pendek (cap sleeves). Bentuknya pun tidak akan semewah gaun pada masa-masa sebelumnya yang panjang. Kini pilihlah  cocktail dress yang mungil, simple, dan cantik. Tidak hanya pakaian, dekorasi pun akan dihujani dengan warna-warna cerah, tajam, tempat duduk yang santai. Lebih kasual, mungkin seperti itu gambaran kasarnya.

Swakarya

Tidak ada lagi wedding organizer dilibatkan di sini. Ini lebih melihat dari sisi ekonomi yang semakin tidak menentu, maka tentu akan lebih aman bila melakukan semua seorang diri hanya bersama pasangan. Tidak hanya, menentukan semua hal menyangkut pernikahan hanya dari keputusan pribadi akan menjadikan pernikahan sebagai suatu hal yang lebih istimewa dan personal, ‘dari, oleh, dan unttuk Anda’. Anda bisa lebih detil mempersiapkan hari penting Anda dengan pasangan. Toh, lebih nyaman rasanya merubah segala sesuatu bila Anda tidak bekerja dengan orang lain. Pernikahan swakarya, pernikahan swaka-swaka saya (baca: pernikahan swakarya, pernikahan ‘suka-suka saya’).

Tahun demi tahun, menikah semakin mudah dilakukan. Semoga bukan pertanda, bahwa perceraian juga akan mudah terjadi.

(Berbagai sumber)

SHARE