Bersama Farhan dan Sepak Bola Tanah Air

0
27

.Muhammad Farhan, lebih dikenal dengan Farhan saja. Sudah pasti anda familiar dengannya, tak hanya di layar kaca, setiap pagi, Anda bisa menikmati suaranya yang khas melalui radio Delta FM dalam acara Farhan in The Morning.

Di tengah kesibukannya yang menggunung, Ghiboo beruntung dapat mewawancarainya di sela pekerjaannya sebagai host pada acara Indonesia Menggiring Bola. Berikut petikan wawancara tersebut:

Menjadi host untuk acara sebesar ini, bagaimana perasaan Mas Farhan?

Terlibat dalam sesuatu yang besar selalu membanggakan karena artinya, adanya Co-branding. Co-branding adalah  saling mengakui. Dengan terlibat berarti agak-agak diakui gitu deh.. (tertawa)

He he he (kembali serius) Melihat perkembangan sepak bola Indonesia saat ini, menurut Mas seperti apa?

Sepak bola Indonesia harusnya sudah siap di industri. Tinggal sekarang para pengurus sepak bolanya mau berubah ga menjadi orang industri. Sejauh ini bola hanya dimanfaatkan untuk “kepentingan publik”. Nah, padahal publik sekarang sudah publik industri.

Antusiasme masyarakat terhadap sepak bola meningkat, terlihat saat Piala Asean kemarin. Bagaimana menurut Mas Farhan akan hal itu?

Antusiasme itu dari dulu. Cuma sayangnya, dari dulu dimanfaatkan oleh kepentingan-kepentingan politik. Tapi sekarang penonton udah jauh lebih pinter.  Karenanya mereka tidak mau dimanfaatkan lagi. Mereka justru memanfaatkan balik. Mereka memanfaatkan gongnya sepak bola ini. Untuk apa? Untuk melawan orang-orang yang selama ini dianggap sudah mencederai perasaan para penggemar sepak bola Indonesia.

Nah kalau soal Mas pribadi nih, apa kegiatan Mas selain di Delta?

Jadi karyawannya PT. Persib! Kita mengurusi bisnisnya Persib. Sejak 2009 Persib sudah mandiri. 100% dibiayai dari perusahaan PT. Persib tanpa adanya bantuan APBD.

* Ternyata masih berlanjut tentang sepak bola juga. Seru! Ia kembali menambahkan ketika ghiboo terpancing untuk menanyakan tentang ISL atau LPI

Tanpa memilih liga yang mana, selama dilihat dalam segi bisnis visible, jalanin. What can you give to me and how much. What do you put on the table.We have superstar of Indonesian soccer. Very good brand. Setiap Persib tampil di tv pasti ratingnya tinggi. Sekarang anda memberi apa ke kami?

Gw ke panggung dulu ya.. (tersenyum lepas)

Sekelumit obrolan menyenangkan yang sayangnya mesti terpotong dan tersudahi oleh kegiatan manggungnya. Namun dari obrolan tersebut kita tahu dengan pasti bahwa Farhan pun ingin sepakbola Indonesia maju. Farhan, smart, funny and down to earth. Terima kasih Mas Farhan.. Good Luck!

(Ghiboo)

SHARE