Komposer 11 Film James Bond Meninggal

0
49

.From Russia With Love, Goldfinger, You Only live Twice, Thunderball dan Diamonds are Forever adalah beberapa film James Bond yang musiknya digubah oleh John Barry. Awalnya, musik tema film James Bond yang berjudul “Dr. No” digubah oleh Monty Norman dan kemudian diaransemen oleh Barry. Momen inilah yang akhirnya membuka kesempatan bagi John Barry untuk membuat 11 musik film James Bond lainnya.

Karya pria dengan nama lengkap John Barry Prendergast ini pun sudah mendapatkan banyak pengakuan. Terbukti 5 Academy Award sudah diraih selama 50 tahun karirnya. Dua untuk film Born Free dan masing-masing satu untuk The Lion in Winter, Out of Africa dan Dances with Wolves. Bahkan pada tahun 2005, Barry memperoleh penghargaan BAFTA Fellowship.

Barry yang tahun 1999 mendapatkan gelar kehormatan Order of the British Empire ini, adalah sosok yang tidak terpengaruh oleh kesuksesan internasional yang diraihnya. Don Black yang pernah bekerjasama dengan Barry mengatakan,”He was very much the Yorkshireman, whether he was in Beverly Hills or Manhattan”. Atas penghormatan terhadap hasil kerjanya, gelar Honorary Freeman City of York diberikan, yang diterimanya di sebuah tempat pertunjukan dimana Barry pernah bermain terompet di kota tersebut pada era 50-an.

Barry selama dua tahun sempat berhenti berkarya dari tahun 1998 karena penyakit yang dideritanya. Kemudian Barry melahirkan beberapa karya lagi setelah cukup pulih dari penyakitnya. Pada akhirnya tanggal 30 Januari 2011 pria kelahiran tahun 1933 ini pun menyerah. Serangan jantung mengakhiri hidupnya. Keluarganya mengatakan acara pemakaman akan berlangsung private dan upacara pemakaman akan diadakan di Inggris tahun ini.

Selamat jalan Barry, karyamu akan tetap abadi…

(berbagai sumber)

SHARE