Remaja Juga Butuh Tidur Dengan Benar

0
31

.Kebiasaan tidur saat kecil akan mempengaruhi kondisi psikologis dan biologis Anda di saat sudah dewasa. Begitu pula dengan anak Anda yang kini telah beranjak remaja. Apakah ia sering merasa mengantuk di pagi hari? Ketahuan tidur di dalam kelas, mungkin, atau kerap merasa lelah dan pegal?
 
Ini pertanda buah hati tidak mendapat cukup waktu bagi tubuhnya untuk beristirahat. Merasa segar di pagi hari sangat dibutuhkan untuk membantunya menyerap pelajaran dengan mudah di kelas. Anda harus membantunya! Biasakan agar anak bisa tidur dengan benar dan baik.
 
Paksa anak untuk selalu tidur pada jam-jam tertentu. Meski tidak suka, anak harus mau menuruti hal ini. Mereka hanya boleh tidur sedikit lebih malam pada akhir pekan. Namun bila anak Anda termasuk anak yang memiliki aktifitas yang padat, maka izinkan dia ‘berhibernasi’ melakukan pemabalasan waktu tidur yang kurang selama hari biasa di akhir pekan tersebut. Let him recharge his or her energy. Usahakan, pada hari Minggu malam, anak sudah harus terbiasa untuk tidur lebih cepat untuk membangun tenaga sebagai persiapan rutinitas sekolah seminggu ke depan.
 
Minta buah hati mematikan seluruh alat elektronik dan lampu yang dapat menarik perhatiannya untuk terus terjaga. Singkirkan remote TV. Usahakan agar ia malas dan mengurungkan niatnya, karena merasa terlalu jauh untuk beranjak dari tempat tidur, melangkah, dan mendekati TV untuk menghidupkannya tanpa sebuah remote.  
 
Sebuah jadwal kegiatan sehari-hari juga perlu dilakukan. Dengan jadwal, hidup akan menjadi lebih teratur. Anak akan tahu dengan tepat kapan ia harus beraktivitas dan kapan waktu luangnya dimulai. Saat waktu luang inilah, ia harus bisa membiasakan diri mengatur tubuh agar mau ikut beristirahat dan tidur.  
 
Kafein memang tidak dilarang, namun jangan izinkan buah hati mengonsumsi kopi atau teh yang mengandung kafein menjelang waktu tidur siangnya atau di malam hari. Bukannya terlelap, matanya akan segar sepanjang malam dan menutup keesokan harinya!
 
Anak-anak ataupun orang dewasa sama-sama butuh membiasakan diri tidur dengan teratur. Anak remaja biasanya akan sulit diatur. Tugas Andalah sebagai orangtua untuk membuatnya bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuhnya sendiri, dimulai dengan mengajarkannya menjalani rutinitas tidur dengan benar.
 
(Berbagai sumber)
 

SHARE