Si Kecil Buat Sarapan Sendiri

0
25

.Saat akhir pekan menjadi hari istimewa bagi sang buah hati. Anak yang biasanya tidak bisa bangun pagi mendadak menjadi orang paling rajin di rumah pada hari Minggu. Ya, dia sengaja bangun pagi agar tidak ketinggalan film kartun kesukaannya.

Selesai menonton runtutan film yang ditunggu-tunggunya selama seminggu, buah hati dipastikan akan langsung kembali tidur atau langsung menghilang main bersama teman-temannya. Cegah dia! Kali ini, minta dirinya menghabiskan waktu dengan Anda di hari Minggu nanti.

Tidak sampai dua jam, ajarkan kegiatan dapur padanya. Tidak perduli anak Anda perempuan atau laki-laki. Untuk urusan makan, ada baiknya kalau Anda mengajarkan si kecil untuk bisa mandiri. Setidaknya dia dapat membuat sarapan untuk dirinya sendiri.

Sederhana saja. Ajarkan dia membuat setangkup roti isi mentega kismis atau roti lapis yang diolesi mentega, saos sambal, sehelai selada, seiris tomat, ketimun, daging, ataupun telur.

Tentu untuk dapat membuat sandwich ini, anak harus mengerti cara menghidupkan kompor. Meski mudah, jangan meremehkan pekerjaan ini. Bila anak sembrono, kompor bisa meledak dan dapat terjadi kebakaran. Setelah dapat menghidupkan kompor, ajarkan dia cara menggoreng daging, telur, ataupun kentang siap saji.

Hal ini akan berguna untuk Anda dan dirinya nanti. Setiap pagi, ‘beban’ Anda akan berkurang, karena kini si kecil dapat diajak ikut bertanggung jawab menyiapkan sarapannya sendiri. Anda pun bisa menata rumah dengan lebih apik dan lebih siap menghadapi rutinitas kantor nantinya setelah mengantar anak ke sekolah.

(Berbagai sumber)

SHARE