Stres Picu Timbulnya Ketombe

0
35

.Memang hal yang menjengkelkan jika kulit kepala Anda diserang ketombe. Tetapi, tahukah Anda ketombe dapat menjadi tanda stres? Ketombe menetap selama pertumbuhan normal sel di kulit kepala. Pada kulit kepala normal, sel-sel lama mati dan terkelupas setiap bulan.

Sementara sel-sel pengganti akan diproduksi dengan cepat. Tetapi jika kulit kepala berketombe, sel-sel kulit akan mengelupas sebelum mati. Ada banyak faktor yang dapat memicu ketombe, salah satunya akibat stres. Stres yang berulang kali terjadi dapat menyebabkan kelelahan, sehingga mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan tubuh, dan menimbulkan pertumbuhan ketombe.

Selain itu, ada dua hal yang dapat menyebabkan ketombe, yakni faktor internal dan ekstrenal. Faktor internal seperti stres emosional, ketidakseimbangan hormon, kesehatan yang buruk, jorok, alergi terhadap susu, coklat, kacang atau kerang, kurang istirahat, konsumsi gula, lemak, dan pati secara berlebihan, serta adanya faktor keturunan.

Sedangkan faktor eksternal disebabkan penggunaan semprotan rambut dan gel, produk pewarnaan rambut, penggunaan rol rambut, kelebihan curling iron, cuaca dingin, panas, jarang mencuci rambut atau bilasan kulit kepala tidak bersih. Para spesialis kulit menyarankan solusi alami untuk melawan ketombe adalah dengan menggunakan ramuan bawang putih, bawang merah, minyak zaitun, minyak kelapa dan oregano.

Bawang merah dan bawang putih mentah dipotong kecil-kecil, lalu gosokkan pada kulit kepala. Biarkan selama setengah jam dan cuci dengan air bersih secara menyeluruh. Hal tersebut akan membantu menyingkirkan ketombe.

Setelah itu, siapkan setengah cangkir minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak oregano, kemudian basuhkan pada kulit kepala. Setelah itu, tutup dengan handuk dan biarkan semalam. Di pagi hari, bilas rambut dengan campuran air hangat dan air jeruk nipis. Hal ini juga efektif untuk mengurangi dan menghilangkan ketombe.

SHARE