Suplemen Multivitamin Sebabkan Gangguan Tidur?

0
30

.Suplemen multivitamin kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan yang sibuk. Namun, cukup banyak konsumen yang mengeluhkan bahwa suplemen multivitamin dapat menyebabkan gangguan tidur, termasuk jam tidur yang lebih pendek dan sering terbangun di tengah malam.

Pada tahun 2007, seorang peneliti mengadakan penelitian terhadap pola tidur 1000 peserta, termasuk mencari tahu apakah mereka mengkonsumsi multivitamin atau obat-obatan. Observasi mengenai pola tidur para peserta dilakukan selama dua minggu. Setelah mempertimbangkan variabel lain, seperti usia dan jenis kelamin, peneliti menemukan bahwa orang yang secara teratur mengkonsumsi suplemen multivitamin lebih sering mengalami gangguan tidur. Namun, penemuan itu belum dapat menyimpulkan adanya hubungan gangguan tidur dengan seringnya mengkonsumsi suplemen multivitamin.

Para ahli mengatakan, jika suplemen multivitamin memberikan efek, mungkin disebabkan oleh efek dari vitamin individu. Misalanya vitamin B6, beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi vitamin B6 sebelum tidur dapat menyebabkan mimpi buruk, sehingga orang mudah terbangun. Vitamin ini membantu tubuh mengubah triptofan menjadi serotonin, hormon yang mempengaruhi tidur.

Studi lain menyatakan vitamin B12 mengurangi hormon melatonin sehingga rasa kantuk menjadi hilang. Bagi mereka yang merasa tidurnya terganggu karena suplemen multivitamin, dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen di pagi hari atau setidaknya beberapa jam sebelum tidur.

(berbagai sumber)

SHARE