Yoga Berikan Pengaruh Buruk Pada Lutut

0
38

.Gerakan yoga harus dilakukan dengan disiplin yang tinggi. Salah satu gerakan yang sering dilakukan adalah duduk dengan lutut tertekuk dalam dan panjang. Perpindahan gerakan tersebut dapat menyebabkan cedera serius. Ahli bedah ortopedi dari India, Dr Ashok Rajgopal mempertkan bahwa yoga dapat menyebabkan efek buruk yakni cedera lutut. Peringatan tersebut berdasarkan banyaknya guru yoga terkemuka yang melakukan operasi lutut padanya.

Dr Ashok menyatakan bahwa latihan peregangan yang ekstrim adalah penyebab tekanan berat pada sendi, sehingga menyebabkan radang sendi. “Ekstrim postur seperti lengkungan di lutut, terutama bagi mereka yang tidak biasa melakukan hal itu akan berbahaya. Karena menyebabkan tekanan abnormal dan kerusakan tulang rawan, sehingga hal itu sangat berbahaya” kata Dr Ashok yang dikutip dari Telegraph.

Dr Ashok mendapati banyak masalah pada orang yang tidak terlatih kemudian memasuki kelas yoga dan akhirnya menyakiti diri mereka sendiri. Namun menurut instruktur Yogalife di India, Gupta Savira, risiko cedera dalam yoga dapat dihindari, yakni dengan latihan ringan sebelum melakukan yoga berat hingga orang itu mahir.

“Anatomi adalah kunci untuk mengajar Yoga karena setiap orang memiliki tubuh dan aplikasi yang berbeda. Anda harus sangat berhati-hati karena segala sesuatu harus dilakukan dengan kemampuan tubuh masing-masing. Dengan perawatan yang tepat, cedera selama latihan yoga dapat dihindari,” kata Savira.
 
Penderita cedera lutut atau sendi umumnya disebabkan oleh pergerakan Vajrasana atau posisi petir, yaitu duduk di lantai dengan bertumpu pada tumit, kemudian melakukan pernapasan cepat panjang.

(berbagai sumber)

SHARE